-->

Hot News

Ini Kapal Bantuan Dinas Kelautan Polman yang Disoroti Nelayan

By On Rabu, Juni 12, 2019

Rabu, Juni 12, 2019

Bantuan kapal nelayan DKP Polman tak digunakan (Asrianto/Masalembo.com)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Bantuan Kapal Nelayan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Polewali Mandar, disoroti. Pasalnya, sejak diberikan, kapal ini tidak pernah digunakan oleh nelayan untuk mencari ikan.

Salah satu penerima bantuan Edi warga dusun Kapejang Pulau Battoa, Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang, mengaku kapal tersebut hanya terparkir di daratan.

"Bagaimana mau dipakai pak, kualitas kayu tidak bagus, sudah dimakan rayap. Kalau bisa yang berkualitas supaya kami puas, jangan asal-asalan," ketusnya.

Ia mengaku tidak mengetahui mengenai berpaa nilai anggarannya dan kualitas kayu, karena nelayan hanya tinggal menerima bantuan tersebut. Kapal ini sebelumnya dibuat dan diambil di Kabupaten Majene.

"Ini kapal bukan kami yang tahu pembuatannya. Karena sudah jadi baru kami ambil di Majene," akunya.

Kapal ini memiliki panjang sekitar 15 meter dan lebar 2 meter. Diketahui kapal ini merupakan bantuan dari DKP Polman menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2017.


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Polman Basir Halim yang dikonfirmasi, Selasa (11/6/2019) mengaku tidak mengetahui hal tersebut karena dirinya baru menjabat beberapa bulan yang lalu.

"Waktu pengadaan kapal ini, masih jamannya pak kadis yang lama," kata mantan Kepala Distanak ini.

Meski demikian ia menjelaskan, bahwa menurut konsultan kapal ini sudah layak makanya diserahkan kepada kelompok penerima.

"Cuma sampai di kelompok penerima, mereka juga harus rawat agar tetap aman. Kapal yang lain juga bagus memang harus ada pemeliharaan dan perawatan," katanya.

Basir juga menghimbau kepada kelompok nelayan, agar melaporkan jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan nelayan. (ant/har)

comments