Kerjasama AJI, GMKI Mamasa Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik

On Rabu, Oktober 16, 2019

MASALEMBO.COM

Peserta pelatihan dasar jurnalistik di Mamasa Sulawesi Barat, digelar GMKI dan AJI Kota Mandar. (Frendy Cristian/masalembo.com)


MAMASA, MASALEMBO.COM - Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Mamasa, Sulawesi Barat bekerjasama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mandar menggelar palatihan dasar jurnalistik kepada puluhan mahasiswa, Rabu (16/10/2019).

Kagiatan ini berlangsung di aula hotel Al-Ihlas, Mamasa dengan mengangkat tema "Membangun Kesadaran Kritis Mahasiswa Melalui Pemahaman Jurnalistik."

Ketua GMKI Cabang Mamasa Pampang Tiku mengungkapkan, pelatihan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa lebih memahami ilmu jurnalistik. 

"Jurnalis dan mahasiswa adalah bagian yang tidak terpisahkan. Dimana media merupakan salah satu pilar demokrasi yang mengabdi pada kepentingan publik, yang terus menyuarakan kebenaran atau persoalan kerakyatan begitupun mahasiswa yang tugasnya sebagai kontrol sosial," tuturnya. 

Pihakya berharap, melalui pelatihan ini peserta dapat membedakan mana berita yang merupakan produk jurnalistik dan mana yang bukan. 

Dewan Etik AJI Kota Mandar, Edi Junaedi sekaligus sebagai pemateri mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi GMKI. Kata dia, kegiatan itu bagian dari program AJI secara umum untuk bagaimana merangkul mahasiswa menjadi mitra dalam pengembangan pemahaman jurnalistik.

"Kita berbangga terhadap GMKI yang bisa bekerjasama AJI Kota Mandar dalam kegiatan pelatihan ini. Karena dalam membagun kesadaran kirtis harus dimulai dari mahasiswa," ungkap Edy Junaedi yang juga merupakan jurnalis SCTV. 

Menurut dia, untuk membangun peradaban jurnalis yang beradab, seharusnya dimulai dari kampus. Sebab lanjutnya, dari kampuslah berasal semangat dan pemikiran kritis yang tidak sekitar basa-basi. "Itulah alasan kenapa AJI membangun jaringan ke kampus-kampus," ujarnya. (frd/har)

comments