Longsor di Babana-Mateng Timpa Rumah Warga

On Jumat, Oktober 04, 2019

MASALEMBO.COM

Warga bersama Regu B TRC BPBD Mateng berupaya mengeluarkan material tanah dari rumah korban, Jumat (4/10/2019).   

MATENG, MASALEMBO.COM -- Hujan deras yang melanda Kecamatan Budong-Budong Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, menyebabkan longsor di Dusun Kerondang Desa Babana.

Bencana ini menimpa 1 unit rumah permanen milik Abdul Kadir (35). Longsor diperkirakan terjadi Kamis petang (3/10) pukul 18.30 WITA.

"Menurut pemilik rumah longsor terjadi malam Jumat. Tapi laporan kami terima Jumat pagi dan kami langsung ke lokasi pukul 7.05 WITA," kata Komandan Regu B Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Mateng Rizky Ilhamsyah, Jumat (4/10).   

Kepala BPBD Mateng Rahmat Syam meninjau TKP sekaligus mengabadikan kondisi bencana longsor disekitarnya, Jumat (4/10/2019). 

Rizky menduga lonsor terjadi karena intensitas curah hujan cukup tinggi sehingga tanah berbukit yang berada dibelakang bangunan mudah ambruk.

"Curah hujan sejak sore hingga tadi malam kategori extrem. Itu yang membuat tekstur tanah menjadi mudah ambruk," jelasnya.

Usai membantu korban membersihkan sisa reruntuhan serta material timbunan, personel TRC mengkaji penyebab longsor.

Situasi longsor di belakang rumah korban

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kondisi rumah yang dihuni 5 jiwa itu rusak sedang. Kerugian yang ditimbulkan diperkirakan mencapai Rp20 juta.

"Kami pastikan tidak ada korban jiwa dan untuk langkah selanjutnya kami menunggu instruksi pimpinan," jawab Rizky saat dikonfirmasi siang tadi. (jml/riz)

comments