Tahun Depan Pemkab Majene Bangun RS Pratama di Kecamatan Ulumanda

On Jumat, Oktober 18, 2019

MASALEMBO.COM

Kadis Kesehatan dr. Rakhmat Malik (dok: egi/masalembo.com)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Pemerintah Kabupaten Majene memastikan bakal menghadirkan Rumah Sakit Pratama tahun 2020. Lokasinya berada di Desa Salutambung, Kecamatan Ulumanda.

Kepala Dinas Kesehatan dr Rakhmat Malik mengatakan, Pemkab telah mengalokasikan dana senilai Rp35 miliar untuk mendirikan rumah sakit tersebut. Tujuannya untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 


"Saya liat lokasinya di belakang Puskesmas Salutambung. Puskesmas yang sekarang akan direlokasi," ucap dr. Rakhmat kepada awak masalembo.com, Jumat (18/10/2019). 


Kadinkes menjelaskan, Rumah Sakit Pratama Majene ini mendekati tipe D dan tentunya melayani pasien rujukan. "Jadi fungsinya sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah," terangnya.


"Anggarannya sudah masuk 2020, kita mau desk nanti tanggal 20 bulan depan," ungkap mantan Direktur RSUD Majene ini. 


Terpisah, anggota DPRD Majene Muhammad Safaat berharap, pembangunan RS Pratama di Kecamatan Ulumanda itu dapat berjalan sesuai harapan. Selaku legislatif, Safaat berharap pemerintah terkhusus Dinas Kesehatan dapat bekerja maksimal agar pembangunan rumah sakit itu tak menemui kendala.


"Saya kira ini (RS Pratama) sudah lama dinantikan. Ini prestasi besar pemerintah, prestasi bupati Majene jika sudah mampu menghadirkan rumah sakit yang akan dibangun di Salutambung itu. Tapi, pembangunannya harus maksimal, jangan dikerja asal-asalan, iya harus dikordinasikanlah ke semua pihak-pihak terkait," harap Safaat.


Baca juga: Nongkrong di Warkop Saat Jam Kerja, Satpol PP Majene Bakal Razia ASN


Safaat mengatakan, kehadiran RS Pratama ini, tentu akan menjawab keluhan-keluhan pelayanan kesehatan masyarakat terkhusus di pelosok-pelosok Kecamatan Malunda dan Ulumanda. "Nantinya kan kita pasti bicara soal pelayanan, dengan kehadiran rumah sakit ini bagi masyarakat di bagian pelosok tentu sangat berharap rumah sakit ini segera terbangun," pungkas legislator PPP asal Malunda-Ulumanda ini. (har/red)





comments