-->

Hot News

Idris: RSUD Komitmen Tingkatkan Mutu Layanan ke Masyarakat

By On Rabu, November 27, 2019

Rabu, November 27, 2019



MAMUJU, MASALEMBO.COM - Dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada seluruh lapisan  masyarakat Sulbar, Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Regional melakukan Survei Nasional Akreditasi Standar Versi Snars. Itu dilakukan sebagai salah satu upaya  meraih Akreditasi Rumah Sakit Umum yang berlangsung di   Lantai III  Rumah Sakit Umum Daerah  Sulbar,  27 Mei 2019.

Sekretaris Daerah Pemprov Sulbar,  Muhammad Idris mengatakan, Rumah Sakit Umum Daerah Sulbar merupakan fasilitas layanan kesehatan rujukan Provinsi. Untuk itu, RSUD terus berkomitmen dalam meningkatkan kapabilitas dan mutu pelayanannya kepada masyarakat yang dinilai sejalan dengan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit serta tertuang dalam pasal 29 B, bahwa rumah sakit wajib memberikan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, anti diskriminasi dan efektif serta mengutamakan pasien sesuai standar pelayanan rumah sakit. 

"Sertifikasi akreditasi rumah sakit merupakan salah satu indikator mutu layanan terstandar dan berkualitas secara terus menerus. Rumah sakit berupaya memenuhi standar yang telah ditetapkan dan mempertahankan kepatuhan dalam memenuhi standar tersebut," kata Idris.

Masih kata Idris, pelaksanaan akreditasi tersebut memiliki banyak manfaat yaitu,  peningkatan pelayanan, administrasi dan perencanaan, koordinasi asuhan pasien, koordinasi pelayanan, koordinasi antar staf, meminimalisasi resiko pelayanan, perencanaan dan penanggulangan alat yang tepat, penggunaan sumberdaya yang lebih efisien, penurunan keluhan pasien dan staf, peningkatan kesadaran pegawai akan tanggung jawabnya serta peningkatan kerjasama dari semua bagian organisasi.

"Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat bersama-sama dengan Rumah Sakit  Umum Daerah senantiasa berupaya untuk memberikan dukungan terhadap pelaksanaan akreditasi demi peningkatan mutu pelayanan pada masyarakat dalam mencapai tujuan percepatan pembangunan kesehatan," tandas Idris.

Dengan dilaksanakannya survei verifikasi  akreditasi diharapkan para surveior dapat memberikan nasukan-masukan positif untuk pembangunan rumah sakit yang lebih dari sisi mutu pelayanan medis, non medis dan administrasi sehingga rumah sakit tersebut dapat terus melakukan peningkatan kinerja secara berkesinambungan sehingga terwujud pelayanan yang terstandar dan berkualitas.

"Besar harapan saya, dibawa bimbingan Ketua Tim Surveior beserta tim, mampu mendorong rumah sakit kami menjadi rumah sakit kebanggaan Sulawesi Barat, sehingga masyarakat Sulbar tidak lagi banyak yang dirujuk ke Makassar, dan saya yakin bahwa direktur rumah sakit akan terus berkomitmen dalam meningkatkan kapabilitas dan mutu pelayanannya sehingga kita bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat dan dapat memberikan jaminan mutu, kepuasan dan perlindungan kepada masyarakat," beber Idris.

(Humas Kominfo Sulbar)

comments