Truk Pengangkut Tabung Gas Terjungkal ke Parit, Begini Kronologinya

On Minggu, November 10, 2019

MASALEMBO.COM

Truk pengangkut tabung gas jatuh ke parit pinggir jalan di Dusun Perattean, Desa Kelapa Dua, Kecamatan Anreapi, Polman. (Asrianto/masalembo.com)


POLEWALI, MASALEMBO.COM - Sebuah mobil truk mengangkut ratusan tabung gas terjungkal di Dusun Perattean, Desa Kelapa Dua, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Sabtu (9/11/2019). 

Mobil truk ini mengarah dari Kota Parepare menuju Kabupaten Mamasa, mengangkut 560 tabung gas ukuran 3 dan 5 kilogram. 

Menurut supir, Rusman, ia meninggalkan Parepare pukul 00:00 malam. Sekira pukul 04.00 subuh ia singgah istirahat di sebuah warung makan. Ia lalu memarkir kendaraannya di pinggirjalan. Namun karena diparkir di jalan yang menanjak, tiba-tiba mobil berjalan mundur hingga akhirnya terpesorok dan terjungkal kedalam parit sedalam dua meter.

"Saya baru tahu waktu pagi, saya baru lihat mobilnya," kata Rusman.

Akibat kejadian ini, As mobil mengalami patah. Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Untuk mempercepat proses evakuasi, seluruh muatan tabung telah dipindahkan ke mobil lain yang didatangkan dari Parepare. Saat ini, mobil sedang menunggu penderek untuk dilakukan evakuasi. 

Tidak jauh dari lokasi kejadian ini, kecelakaan yang sama juga terjadi dekat pintu gerbang perbatasan antara Kabupaten Mamasa dengan Kabupaten Polewali Mandar. Sebuah mobil truk yang memuat semen dan sembako terperosok kedalam parit di dusun Pasapa, Desa Kelapa Dua, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polman, Sulawesi Barat. Kejadian ini pada Jumat malam (8/11/2018) sekitar pukul 20:00 Wita. Mobil ini mengarah dari Kota Polewali dengan tujuan Kecamatan Mambi. 

Menurut keterangan supir, Asmal, saat sedang menaiki jalan menanjak, ia Ialu mengoper perseneling dari gigi satu ke gigi dua. Namun karena jalanan mendaki, mobil tidak mampu menahan hingga akhirnya mobil berjalan mundur dan terperosok.
"Pas saya mau oper gigi dua ke gigi satu, tapi perseneling susah masuk dan terlanjur mundur, akhirnya terpesorok," katanya.

Tidak ada korban dalam kejadian ini. Seluruh muatan juga telah dipindahkan ke mobil Iain untuk diangkut kembali ke daerah tujuan yakni di kecamatan Mambi. (ant/har)

comments