Wabup Mateng Sesalkan Ketidakhadiran Sejumlah Kades Saat Rekonsolidasi PBB-P2

On Sabtu, November 02, 2019

MASALEMBO.COM

Wabup H Muh. Amin Jasa saat penyerahan Reward bagi Kades berprestasi tentang PAD di Aula Kantor Bupati Mateng, Jumat 1 Nopember 2019. (Foto: Yasin/Humas Setda Mateng)


MATENG, MASALEMBO.COM - Wakil Bupati Mamuju Tengah (Mateng) H Amin Jasa menyayangkan kurangnya tingkat kehadiran Kepala Desa saat Rekonsilidasi Penerimaan PAD Sektor Pajak Bumi, Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2), Jum'at (01/11).

Menurut H Amin Jasa, Rekonsoliasi PBB-P2 oleh Badan Keuangan Daerah yang berlangsung di aula Kantor Bupati, merupakan program penting untuk mengetahui masalah yang ada di desa. Namun, disayangkan kehadiran kepala desa tidak sesuai harapan.

"Bagaimana kita mengetahui permasalahan dan kendala yang dihadapi di desa untuk kita pecahkan bersama, kalau kepala desa hanya sedikit yang hadir, Ini juga jadi masalah," kesalnya.

Sebelumnya, pemerintah setempat telah mengambil langkah untuk mengetahui data dan letak peserta wajib pajak melalui metode sensus sebagai salah satu upaya untuk mendapatkan data yang akurat. 

"Kita sudah melakukan langkah-langkah seperti melakukan sensus, itu untuk mengetahui pasti siapa wajib pajak, dimana posisinya sehingga kita punya data akurat untuk melakukan penagihan secara countinue," jelas H Amin Jasa. 

Menurutnya, PBB-P2 sebagai upaya pemerintah kabupaten untuk meningkatkan PAD yang salah satunya bersumber dari pajak bumi, bangunan, perkotaan dan perdesaan. "Nah tahun ini, kita berusaha untuk meningkatkan penerimaan pajak dibanding tahun lalu. Jadi, kalau ini dapat maksimal dan tepat waktu para wajib pajak membayar, maka sumber PAD pada sektor pajak itu bisa kita peroleh meningkat dibanding tahun kemarin," ungkap Wabup Mateng. 

Sementara, dalam sambutannya, Sekertaris Badan Keuangan, Rukman Amir berharap, PBB-P2 jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Melalui sensus penerimaan PBB-P2 telah menggambarkan adanya peningkatan dibanding tahun lalu dan berharap kedepan jauh lebih baik.  

"Alhamdulillah hasilnya sudah ada peningkatan dibanding tahun-tahun kemarin, dimana kita ketahui bersama bahwa sektor PBB-P2 ini adalah salah satu penunjang dari PAD kita, kami juga melaksanakan sensus melalui door to door," jelas Rukman Amir.   

Rukman menambahkan, pihaknya juga memberikan penghargaan bagi Kades sebagai motivasi agar lebih giat dan tepat waktu sesuai data yang dimiliknya. "Kita menyerahkan beberapa penghargaan kepada para kepala desa, yang merupakan suatu bentuk motivasi kepada kelapa desa untuk lebih giat melaksanakan dan mengusahakan bagaimana PAD diwilayahnya bisa tepat waktu," jelas Sekretaris Badan Keuangan itu.

Rekonsolidasi PBB-P2 sekaligus penyerahan reward kepada Desa Lemo Lemo, Desa Palongaan, Desa Salumanurung, Salupangkang, Lembah Hopo dan Kayu Calla. 

Selain Wakil Bupati H. Muh. Amin Jasa, kegiatan juga dihadiri Wakil Ketua I DPRD Mateng Herman, bersama anggota DPRD Sahril, Tenaga Ahli Bupati Mateng Bidang Pendapatan dan Keuangan Muh. Arsad Hapid, Sekertaris Dinas PMD Mateng, Camat Topoyo dan Pangale, serta sejumlah kepala desa. (jml/har)

comments