SPNF SKB Kabupaten Enrekang Raih Akreditasi A

On Tuesday, December 10, 2019

MASALEMBO.COM

Umaruddin (ist)


ENREKANG, MASALEMBO.COM -  Satuan Pendidikan Nonformal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Kabupaten Enrekang kini telah terakreditasi. Capaian ini adalah sebuah sejarah baru, pasalnya sejak berdiri, SPNF SKB Enrekang belum pernah diakreditasi.

Di bawah kepemimpinan Umaruddin selaku Kepala SPNF SKB Enrekang, kini SPNF SKB tercatat sebagai lembaga nonformal yang mutunya terjamin pasca divisitasi oleh tim asesor pada 6 November 2019 lalu.

Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF) Nomor: 199/BAN PAUD DAN PNF/AKR/2019 tentang Penetapan Status Akreditasi Satuan Pendidikan PAUD dan PNF Provinsi Sulawesi Selatan Tahap IV Tahun 2019,  yang ditetapkan tanggal 03 Desember 2019, SPNF SKB Enrekang mampu meraih Akreditasi A.

Menurut Umaruddin, keberhasilan SPNF SKB Enrekang memperoleh akreditasi A adalah hasil kerja keras dari rekan-rekan tim akreditasi.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas prestasi ini. Tentunya, semua ini berkat kerja keras dan kekompakan dari tim task force akreditasi SPNF SKB Enrekang,” kata Umar, Senin (9/12/2019).

"Nilai akreditasi ini bagaikan kejutan untuk kami. Fokus kami adalah menyiapkan secara maksimal semua kebutuhan visitasi, adapun hasilnya sepenuhnya kami serahkan kepada asesor," ujarnya.

"Dan Alhamdulillah ternyata hasilnya maksimal, dapat akreditasi A," ucap Umar penuh rasa syukur.

Umar menambahkan, capaian SPNF SKB Enrekang ini tentunya tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah.

Kata dia, Bapak Muslimin Bando selaku Bupati Enrekang betul-betul memberikan dukungan maksimal dalam upaya pengembangan dan memajukan SPNF SKB Enrekang, termasuk dalam hal menjamin mutunya.

Tidak hanya itu, lanjut Umar, Bupati Enrekang juga memfasilitasi untuk memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat berupa rehab dan penambahan gedung baru untuk meningkatkan layanan kepada warga binaan SPNF SKB Enrekang.

Terpisah, Bupati Enrekang pun memberikan apresiasi atas prestasi yang berhasil ditorehkan oleh SPNF SKB Enrekang.

"Jago memang ini Kepala SPNF SKB Enrekang, muda berprestasi," puji MB sapaan akrab Muslimin Bando.

Pemerintah Daerah memang berkomitmen untuk terus mengembangkan jalur pendidikan nonformal, utamanya SPNF SKB Enrekang. "Ini bentuk upaya kita untuk meningkatkan layanan pada sektor pendidikan di Kabupaten Enrekang," sambungnya.

MB berjanji akan menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, termasuk akan membangun taman khusus di halaman kantor SPNF SKB Enrekang.

Sejak menjabat per Agustus 2019 lalu, di bawah sentuhan tangan dingin Umaruddin, SPNF SKB Enrekang semakin tampak kiprah dan perannya di masyarakat.

Seperti diketahui, SPNF SKB Enrekang memberikan layanan pendidikan nonformal yang cukup beragam, seperti pendidikan kesetaraan (kejar paket), pendidikan kepemudaan, pendidikan kecakapan hidup (life skill), dan sejenisnya. (Bar/red)

comments