Peringati Hari Buruh, BPJAMSOSTEK Sulbar Salurkan Bantuan Sembako

On Monday, May 04, 2020

MASALEMBO.COM


MAMUJU, MASALEMBO.COM - BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Sulawesi Barat (Sulbar) bersama Gubernur menyerahkan bantuan sebanyak 170 paket sembako kepada pekerja yang terdampak covid-19 di Mamuju.

Penyerahan bantuan tersebut juga sebagai kepedulian BPJAMSOSTEK dalam memperingati hari Buruh (may day).

Adapun paket sembako yang diberikan diantaranya, beras dengan akumulatif sebanyak 850 kg, minyak goreng 170 dan gula pasir 170 liter serta 560 bungkus mie instan

"Bantuan ini merupakan bentuk perhatian BPJAMSOSTEK kepada pekerja terlebih dalam kondisi wabah covid-19 ini. Kami menyadari bantuan yang diberikan belum bisa membantu seluruh pekerja di Sulawesi Barat khususnya di Mamuju yang terdampak wabah covid-19," Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Sulbar, Iman M. Amin.

Iman mengatakan, dalam peringatan hari buruh ini juga dilakukan penyerahan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) kepada dua orang peserta, yaitu kepada Delfianus Palo dengan jumlah santunan Rp105.531.570, dan Edy Sutrisno dari PT. Pasangkayu dengan jumlah santunan Rp 236.774.230.

Iman menambahkan BPJAMSOSTEK juga telah menyiapkan antisipasi meningkatnya PHK akibat wabah covid-19 dengan menyiapkan sistem Lapak Asik. Dengan sistem tersebut pekerja bisa memproses pencairan JHT secara online tanpa harus datang ke kantor.

Selama kondisi Pelayanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) pelayanan kepada peserta tetap diupayakan secara maksimal. Hal ini terbukti ditengah wabah Covid-19, dari tanggal 23 Maret 2020 sampai 30 April 2020.

BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Sulawesi Barat telah menyelesaikan pembayaran sebanyak 436 klaim Jaminan Hari Tua (JHT) dengan total Rp 3.415.696.600.

Selain itu, kata Iman, ada tiga klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dengan total Rp 291.492.656, tujuh klaim Jaminan Kematian (JKM) dengan total Rp 276.000.000 dan 32 klaim Jaminan Pensiun (JP) dengan total Rp 24.956.170. Jumlah klaim keseluruhan yang dibayarkan sebesar Rp 4.008.145.426.

“Melalui protokol Lapak Asik, peserta tidak perlu datang ke kantor, melainkan cukup mendaftar melalui antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan dengan lengkap melalui alamat email yang diberikan saat registrasi. Selanjutnya petugas akan melakukan verifikasi berkas. Jika dokumen sudah lengkap dan diverifikasi oleh petugas Customer Service Officer (CSO) akan diinformasikan melalui sarana komunikasi seperti Whatsapp," jelas Iman.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) yang telah memberikan sumbangannya kepada masyarakat.

"Walaupun terbatas jumlahnya, bantuan ini dapat membantu masyarakat untuk bertahan dalam kondisi saat ini dan semoga wabah covid-19 ini segera berakhir," pungkasnya. (dir)

comments