-->

Hot News

KPU Enrekang Teken MoU dengan Pemda, Ini Tujuannya !

By On Jumat, Juni 05, 2020

Jumat, Juni 05, 2020


Ketua KPU Enrekang menandatangani MoU dengan Pemda setempat (Foto: Baharuddin)


ENREKANG, MASALEMBO.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang dan Pemda setempat menjalin kerja sama dalam hal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dan perbaikan proses politik melalui pendidikan pemilih.

Proses penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dilaksanakan sesuai protokol pencegahan Covid-19, Kamis (4/6/2020). 

Ketua KPU Enrekang, Haslipa, menandatangani langsung MoU tersebut di kantor KPU. Sementara Bupati Enrekang Muslimin Bando menandatanginya di Maroangin, Kecamatan Maiwa.

Ada beberapa tujuan yang termaktub dalam MoU tersebut, antara lain komitmen kedua belah pihak untuk bersinergi dalam mewujudkan pemilihan umum yang berkualitas di Kabupaten Enrekang.

Selanjutnya Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang bersedia mendukung dan memfasilitasi KPU dalam melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dan pendidikan pemilih di lingkup Kabupaten Enrekang.

Ketua KPU Kabupaten Enrekang menegaskan kesiapannya membuka ruang kerja sama dengan instansi terkait dalam hal penyelenggaraan pemilihan Kepala Desa di wilayah Kabupaten Enrekang.

Sementara itu, menurut Bupati Enrekang, Muslimin Bando, kerja sama dengan KPU ini merupakan komitmen dari kedua belah pihak untuk bersinergi dalam mewujudkan proses politik yang berkualitas di bumi Massenrempulu.

“Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Enrekang tidak bisa bekerja sendiri dalam upaya mewujudkan Pemilu yang berkualitas di Kabupaten Enrekang. Oleh karenanya, Pemerintah Daerah mesti andil membantu KPU utamanya dalam upaya pemutahiran data berkelanjutan dan pendidikan politik yang basis utamanya ada di masyarakat,” katanya. 

Muslimin Bando juga menegaskan bahwa Pemerintah Daerah melalui dinas terkait akan berupaya memfasilitasi KPU Kabupaten Enrekang untuk melakukan pemutahiran data pemilih berkelanjutan hingga ke tingkat desa dan kelurahan.

Ketua KPU Kabupaten Enrekang, Haslipa mengatakan pihaknya berterima kasih kepada Pemda Kabupaten Enrekang atas respon yang sangat baik terhadap upaya pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dan pendidikan pemlilih di daerah ini.

“Ini adalah hal yang sangat luar biasa bagi kami sekaligus menjadi bukti bahwa KPU Kabupaten Enrekang senantiasa bersinergi dengan Pemda Kabupaten Enrekang dalam upaya mewujudkan iklim demokrasi yang baik,” ujarnya.

Meskipun demikian, lanjut Haslipa, dalam menjalin kemitraan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang ia tetap berpegang pada prinsip lembaga dan menjaga batasan-batasan demi menjaga marwah lembaga.

Saat ditanya tentang penjabaran MoU, Haslipa mengatakan akan mengagendakan secepatnya. "Kami akan segera mengagendakan untuk bertemu pihak-pihak terkait utamanya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Enrekang untuk menandatangani perjanjian kerjasama sebagai bagian dari MoU sekaligus membicarakan teknis sosialisasi MoU kepada pada kepala desa. Semoga berjalan sesuai dengan rencana," harap Haslipa. (*)

Penulis: Baharuddin (Koresponden KPU Enrekang)
Editor: Harmegi Amin

comments