-->

Pemdes Batang Batang Daya Sumenep Cairkan BLT untuk 50 KK

On Monday, June 15, 2020

MASALEMBO.COM

Suasana pencairan BLT-DD di balai Desa Batang Batang Daya Sumenep. (Foto: Thofu)


SUMENEP, MASALEMBO.COM - Setelah sempat tertunda, akhirnya 50 KK warga Desa Batang Batang Daya, Kecamatan Batang Batang, Kabupaten Sumenep dapat menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), Senin (15/06/2020).

Kepala Desa Batang Batang Daya Siti Naisa mengatakan, penerima bantuan langsung tunai dana desa berjumlah 50 Kepala Keluarga. Mereka tersebar di 13 dusun dalam wilayah desa tersebut.

Seperti diketahui pencairan BLT-DD, di Desa Batang Batang Daya sempat tertunda begitu lama, dikarenakan masih dalam pendataan dan verifikasi terhadap penerima bantuan oleh pihak pemerintah desa setempat bersama Satgas Covid-19 di tingkatan desa.

Penerima BLT yang dialokasikan dari dana desa untuk bantuan sosial Covid-19 diatur dalam Permendes nomer 11 tahun 2020 tentang penggunaan fokus anggaran dana desa. Penerima bantuan langsung tunai dana desa ini harus diluar bantuan sosial regular seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang diberikan Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Terkait jumlah penerima dan kelayakan penerima, Siti Naisa mengatakan sudah disepakati lewat musyawarah desa sebelum ditetapkan. Hal itu merupakan verifikasi terakhir yang dilakukan pemerintah desa sesuai dengan aturan yang ada. 

"Sudah disepekati lewat musyawarah desa kemudian disetujui oleh Camat Batang, diakuinya sampai hari ini baru Desa Batang Batang Daya," jelasnya.

Setelah selesai dilakukan verifikasasi, dan sudah disetujui oleh kecamatan sebagai kepanjangan tangan bupati, dana langsung dicaikan oleh pemerintah pusat melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep. Pada hari ini langsung disalurkan kepada masyarakat penerima manfaat dengan pengawasan Camat Bantang Batang, pihak kepolisian setempat beserta Koramil.

Pencairan BLT ini terang Siti Naisa, merupakan tahap pertama dengan besar jumlah yang diterima setiap penerima Rp 600 ribu, dan untuk tahap selanjutnya akan segera dilakukan pencairan lanjutan. "Tahap pertama hari ini untuk tahap kedua Insya Allah secapatnya," katanya

Kades Naisa mengatakan pendistribusian BLT-DD untuk Covid-19 ini dapat terlaksana berkat bantuan banyak pihak, mulai dari RT/RW, Kepala Dusun hingga Camat Batang Batang yang membantu dalam percepatan pendataan penerima bantuan BLT-DD dengan tiada henti berkordinasi.

"Terimaksih kepada semua pihak RT/RW sampai kecamatan yang sudah membantu, untuk kelancaran kegiatan penyaluran BLT-DD sehingga hari ini sudah bisa didistribusikan kepada masyarakat penerima," ujarnya

Lebih lanjut, Naisa menambahkan sebagai perwakilan pemerintah desa setempat ia berharap, masyarakat yang menerima BLT hari ini dapat menggunakan uang yang diterimanya dengan bijak, dan lebih mengutamakan kebutuhan pokok atau primer ketimbang kebutuhan yang sekunder.

"Saya berharap masyarakat yang menerima bantuan pada hari ini, menggunakan dananya secara prudent atau bijak, dengan mendahulukan kebutuhan pokok," harapnya. (*)

Pewarta: Kahirullah Thofu
Editor: Harmegi Amin

comments
close
Banner iklan disini