-->

Tindak Lanjuti Edaran Bupati Sumenep, Kecamatan Batang Batang Bentuk Kampung Tangguh

On Monday, June 15, 2020

MASALEMBO.COM

Rapat Kordinasi Kecmatan Batang-Batang di Aula Kecamatan. (Foto: Thofu)


SUMENEP, MASALEMBO.COM - Dalam rangka pengendalian Covid-19, Pemerintah Kabupaten Sumenep Madura meluncurkan program Kampung Tangguh. Program ini sudah berjalan beberapa pekan terakhir. Kali ini Kecamatan Batang Batang yang menindak lanjuti edaran Pemerintah Dearah Kabupaten Sumenep tersebut untuk membentuk Kampung Tangguh, Senin (15/05/2020).

"Hari ini rapat kordinasi untuk menindak lanjuti surat edaran bupati untuk membentuk Kampung Tangguh dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19," ujar Camat Batang-Batang Ir Joko Suwarno, MM.

Untuk klaster pertama pembentukan Kampung Tangguh di Kecamatan Batang-Batang Joko Suwarno mengatakan, akan dilaksanakan di dua titik lokasi yaitu di Desa Nyabakan Barat dan Pondok Pesantren Al-Ghazali yang terletak di Desa Batang-Batang Daya.

"Kecamatan Batang Batang akan dibentuk dan dilaksanakan untuk sementara di dua tempat, satu Desa Nyabakan Barat dan satu di Pondok Pesantren," katanya.

Untuk mendukung terlaksananya kampung tangguh di daerahnya, pihaknya mengaku mengajukan beberapa bantuan fasilitas pendukung kepada Pemerintah Kabupaten Sumenep, diantaranya bilik disinfektan

"Kami mengajukan beberapa fasilitas penunjang kepada pemerintah kabupaten yaitu, bilik disinfektan, tangki dan alat semprotnya, APD, dan sepatu boot," jelasnya.

Program kampung tangguh, dan pesantren tangguh, cafe tangguh, industri tangguh  merupakan program Kabupaten Sumenep, beserta Forum komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) dalam mengendalikan penyeberan pandemi Covid-19 di wilayah tersebut. Ini sebagai upaya atau langkah preventif.

Terkait sumber dana penyelenggaran kegiatan, Joko Suwarno menjelaskan, bahwa sumber dana dari  Pemerintah Kecamatan. Ada juga beberapa iuaran suka rela dari masyarakat setempat, juga dana dari Pemerintah Kabupaten dalam bentuk fasilitas pendukung

Camat Batang Batang berharap dengan dibentuknya Kampung Tangguh tersebut dapat menghambat penyebaran pandemi Covid-19 masuk ke wilayahnya dan dapat menciptakan ketahanan wilayah dari ancaman pandemi Covid-19.

"Harapannya dengan dibentuknya kampung tangguh ini, Covid-19 tidak masuk kewilyah, dan semoga musibah pandemi ini segera berlalu dan masyarakat bisa beraktifitas dengan normal kembali," tutupnya berharap. (*)

Pewarta: Khairullah Thofu
Editor: Harmegi Amin

comments
close
Banner iklan disini