-->

Hot News

Jelang Muktamar Muhammadiyah, Unismuh Bakal Luncurkan Fakultas Hukum dan Halal Center

By On Minggu, November 13, 2022

Minggu, November 13, 2022


MAKASSAR, MASALEMBO.COM –Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bakal meluncurkan pendirian Fakultas Hukum (FH). Pendirian FH Unismuh tersebut, merupakan tindaklanjut dari SK SK Mendikbud Ristek Nomor 815/E/O/2022, yang menyetujui pembukaan Prodi Hukum Bisnis di kampus miliki Persyarikatan Muhammadiyah itu.

Pembukaan FH dan pembukaan prodi Hukum Bisnis ini jadi kado menjelang Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Solo, Jawa Tengah, pada 18-20 November 2022.

"Alhamdulillah Unismuh Makassar menerima SK pembukaan Prodi Hukum Bisnis. Insyaallah besok, kita langsung meluncurkan pendirian Fakultas Hukum," kata Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse di Gedung Iqra Lantai 17 Kampus Unismuh Makassar, Jalan Sultan Alauddin Kota Makassar, Selasa, 8 November 2022.

SK Mendikbud Ristek tersebut bakal diserahkan Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara Drs Andi Lukman MSi. Rencananya peluncuran FH Unismuh sekaligus penyerahan SK pendirian Prodi Hukum Bisnis akan dilaksanakan pada Rabu, 9 November 2022 esok. Acara itu bakal digelar di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar.

Bagi Prof Ambo Asse, persetujuan pembukaan Prodi Hukum Bisnis ini adalah bentuk kepercayaan Kemendikbud kepada Unismuh Makassar.

Sementara itu, Wakil Rektor I Unismuh Makassar Dr Abd Rakhim Nanda mengatakan pendaftaran mahasiswa baru ini bakal dibuka 9 hingga 30 November 2022.

Kuliah perdana mahasiswa baru Prodi Hukum Bisnis dijadwalkan dimulai pada 1 Desember 2022.

"Bidang akademik mengambil kebijakan jika sudah ada mahasiswa dalam satu bulan awal, kita segera jalan," kata Abd Rakhim Nanda.

"Secara akademik, itu dijamin sesuai undang-undang. Jadi satu mata kuliah bisa 2 kali pertemuan dalam sepekan, jadi akan terpenuhi jumlah pertemuan minimal 12 kali maksimal 16 kali, untuk semester ini," sambung Abd Rakhim Nanda. 

Penawaran bagi Calon Mahasiswa Baru

Wakil Rektor II Unismuh Makassar Prof Andi Sukri Syamsuri, yang merupakan Ketua Tim pendirian prodi Bisnis Hukum, dengan keluarnya SK Mendikbud Ristek, maka berakhirlah tugasnya sebagai ketua tim.

Ia menambahkan, meski baru dibuka, prodi Hukum Bisnis ini tetap menyiapkan sejumlah beasiswa. Beasiswa yang disedikan yakni untuk penghafal Al-Quran, pelamar berprestasi, serta pelamar berlatar aktivis Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

"Kita juga menggratiskan biaya pendaftaran bagi calon mahasiswa baru untuk 30 pendaftar pertama,” kata Prof Andis, sapaan akrabnya.

Untuk calon mahasiswa baru, besaran uang BPP Prodi Hukum Bisnis ini mencapai Rp4 juta yang dibayar persemester, serta Rp5,5 juta untuk biaya pembangunan. “Namun khusus Angkatan pertama, kami berikan diskon 50% baik untuk BPP maupun biaya pembangunan” ungkap Wkail Rektor Bidang Keuangan ini.

Selain peluncuran Fakultas Hukum dan penyerahan SK Prodi Hukum Bisnis, acara ini akan dirangkaikan dengan Penyerahan SK Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Peluncuran Halal Center Universitas Muhammadiyah Makassar dan Kuliah Umum dari peneliti BRIN Prof Marsudi Wahyu Kisworo. (El/Hr)

comments