-->

Cegah COVID-19, Poltekkes Kemenkes Mamuju Gelar CTPS di Pesantren

On Rabu, Desember 09, 2020

MASALEMBO.COM



MAMUJU, MASALEMBO.COM - Poltekkes Kemenkes Mamuju kembali melakukan aksi sosialisasi edukasi kesehatan dalam rangkaian kegiatan upaya pencegahan COVID-19.

Hal tersebut sesuai arahan Direktur Poltekkes Kemenkes Mamuju dalam melibatkan institusi kampus melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan ini berlangsung pada Selasa 08 Desember 2020, dengan menyasar kelompok sasaran, khususnya Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal-Hadits NW yang berlokasi di Gentungan, Kelurahan Bebangan, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju.

Rombongan Poltekkes Kemenkes Mamuju, khususnya Program Studi DIII Keperawatan, baik dosen, tenaga pendidik beserta mahasiswa terlibat langsung dalam aksi kegiatan ini.

Dihadapan santri/santriwati, Supratti, S.ST.,M.Kes. Ketua Prodi DIII Keperawatan yang juga selaku ketua rombongan dalam sambutannya menjelaskan, maksud kedatangan ke Ponpes ini, yaitu untuk memberikan edukasi pentingnya pencegahan penularan COVID-19 dengan menerapkan prinsip 3M.

Menurutnya, pencegahan COVID-19 dengan cara mencuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan menerapkan 6 langkah sesuai anjuran kesehatan (WHO) dan dapat dilakukan selama kurang lebih 60 detik.

"Mencuci tangan merupakan kebiasaan yang mudah dilakukan, namun seringkali terabaikan, saat ini untuk mencegah penularan COVID-19 ini seseringkali kita melakukan mencuci tangan, namun yang perlu adik-adik ketahui penting mencuci tangan menggunakan air mengalir, tapi harus di ingat menggunakan sabun juga untuk membunuh kuman termasuk virus corona Ini," ujarnya. Selasa (8/12/2020).

Sementara, Pimpinan Pondok Pesantren KH. Akhyar, QH.,S.os.I menyampaikan, ucapan terima kasih dengan kedatangan para dosen keperawatan beserta mahasiswanya.

"Informasi ini penting bagi santri kami, apalagi dengan kondisi kasus virus corona saa-saat ini, penting untuk memberikan penyuluhan yang bermanfaat ini, anak didik kami akhirnya dari tidak tahu menjadi tahu betapa pentingnya mencuci tangan ini apalagi dengan 6 langkah cuci tangan (CTPS) ini," imbuhnya.

serunya lagi, kegiatan sosialisasi ini melibatkan mahasiswa jurusan keperawatan, sambil berdiri dengan mencontohkan bagaimana 6 langkah CTPS ini, yang pada saat didemonstrasikan didampingi salah satu dosen keperawatan Edi Purnomo, S.Kep.,Ns.,M.Kes.M.Kep,

Edi menjelaskan, langkah pertama sampai langkah keenam mencuci tangan tersebut dengan benar.

"Perhatikan adik-adik, seperti ini gerakannya," ucapnya sambil sesekali mencontohkan dengan kedua tangannya.

Sebelum penutupan, pihak Poltekkes Kemenkes Mamuju menyerahkan bantuan sabun kemasan botol kepada pihak pondok pesantren.

"Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi adik-adik santri/santriwati dalam menerapkan hidup sehat di masa pandemi ini,". (dir/Andi Nasir)

comments