-->

Hingga Kini Tercatat 27 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa di Sulbar

On Friday, January 15, 2021

MASALEMBO.COM

Tampak gedung RS Mitra Manakarra Mamuju yang roboh akibat gempa 6,2 magnitudo yang mengguncang Sulawesi Barat. (Foto: Awal S)


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Barat mencatat 27 orang meninggal dunia akibat gempa yang mengguncang daerah ini, Jumat (15/1/2021).

Kepala BPBD Sulbar Darno Madjid membeberkan, 27 orang yang dilaporkan meninggal dunia masing-masing adalah warga Kabupaten Mamuju 18 orang dan Kabupaten Majene 9 orang.

"Di Mamuju sendiri kami laporkan bahwa sudah 18 orang yang meninggal dunia akibat reruntuhan dari gempa, Majene sudah tercatat sembilan orang meninggal," kata Darno, Jumat (15/1).

Selain korban meninggal dunia, dan puluhan orang mengalami luka, 10 rumah di Mamuju dan Majene dilaporkan rata dengan tanah, ratusan rumah dan gedung lainnya mengalami rusak berat hingga rusak ringan, sementara ribuan orang mengungsi ke tempat-tempat terbuka dan ketinggian.

"Gempa ini cukup luar biasa, keras, kantor gubernur sendiri mengalami kerusakan yang sangat parah, termasuk rumah saya yang hancur juga," kata Darno.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gempa susulan, Darno Madjid menghimbau warga Sulbar khususnya dua daerah terdampak paling parah yakni Mamuju dan Majene, agar tidak berada dalam gedung dan rumah yang mengalami retak serta menjauhi pantai demi menghindari kemungkinan terburuk dari terjadinya gempa.

"Bagi yang mengungsi harap memperhatikan kondisi tempat yang aman, jangan sampai mengungsi ke gunung justru di daerah yang rawan longsor," ujar Darno mengingatkan. (Har/Red)

comments