-->

Hot News

Pemprov Sulbar Target Validasi Data Kerusakan Rumah Paling Lambat Maret 2021

By On Jumat, Januari 29, 2021

Jumat, Januari 29, 2021

Sekprov Muhammad Idris memantau langsung kondisi kerusakan rumah warga di Mamuju Sulbar. (foto: Ist/masalembo)


MAMUJU, MASALEMBO.COM -  Pemerintah Provinsi Sulbar menarget kegiatan validasi data penerima bantuan dana rehabilitasi rumah terdampak gempa selesai paling lambat Maret 2021. Meski demikian, ada komitmen upaya percepatan dari jajaran Pemprov untuk menyelesaiakan proses tersebut bulan depan.  

"Paling lambat awal Maret. Bahkan dalam rapat terakhir akan diupayakan Februari datanya sudah final," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar, Muhammad Idris DP, Rabu 27 Januari 2021.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan rencana pemberian bantuan dana bagi pemilik rumah yang rusak akibat gempa. Rumah berkategori rusak berat akan disantuni Rp 50 juta, rusak sesang Rp 25 juta dan ringan Rp10 juta. Pernyataan akan adanya bantuan ini juga disampaikan presiden Jokowi saat berkunjung ke Mamuju, Selasa 19 Januari 2021 lalu.

Menanggapi keinginan sejumlah pihak agar proses ini bisa selesai dengan cepat, Sekprov Muhammad Idris DP mengatakan, validasi data tak dapat dilakukan terburu-buru.  Proses validasi untuk memastikan data korban penerima bantuan membutuhkan waktu. Termasuk, memetakan korban dalam kategori sebagai rusak berat, sedang atau ringan.

Data awal penerima bantuan rehabilitasi rumah telah diserahkan Pemprov ke Pemerintah pusat. Data awal ini, kata Idris DP, sekaligus akan digunakan sebagai acuan melakukan validasi rumah per rumah. 

Sebagai gambaran, data rumah terdampak gempa di Kabupaten Mamuju, baik kategori rusak berat, sedang dan ringan yang telah diserahkan ke pemerintah pusat sekitar 8.000 rumah. Akan tetapi, berdasarakan laporan terakhir oleh tim validasi, jumlahnya berkurang menjadi 6.000 rumah. Jumlah ini pun masih memungkinkan berkurang.

"Masih dinamis. Berikutnya akan ada tim, akan ada beberapa lapis tim untuk memastikan penerima bantuan by name by addres, by koordinat dan by eviden base," pungkas Idris.

Olehnya itu, masyarakat diminta untuk memberikan data dan informasi apa adanya. Tidak memberikan data yang berubah-ubah yang berkonsekuensi memperlambat proses validasi. 

Sebab jika tidak maka validasi juga akan menjadi lambat sebab data yang diterima selalu berubah-ubah. Data penerima final akan di SK kan oleh bupati, dalam hal ini bupati Mamuju dan Majene. 

"Dananya sudah siap, begitu data final, telah melalui hasil validasi awal maupun akhir, lalu disodorkan  kepemerintah pusat, dana akan langsung cair dan langsung ke penerima. Tidak melalui pemerintah provinsi maupun kabupaten," pungkas mantan Deputi LAN RI ini. (dc6/Red)

Note: Masalembo.com melakukan aksi penggalangan dana untuk perbaikan masjid Istiqamah Tamerimbi, klik tautan Bantu warga Tamerimbi kembalikan masjid mereka untuk menyalurkan donasi terbaik Anda. 

comments