-->

Sukses Gelar STQ, Majene Optimis Juara MTQ Sulbar 2022

On Jumat, Maret 05, 2021

MASALEMBO.COM

Bupati Majene Lukman Nurman menyerahkan trophy dan uang pembinaan secara simbolis kepada salah satu pemenang STQ 2021 tingkat Kabupaten Majene/FOTO: SUFYAN ILBAS


MAJENE, MASALEMBO.COM - Kafilah Kecamatan Banggae Timur berhasil keluar sebagai juara pertama Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXVIII Tingkat Kabupaten Majene 2021. Kafilah Banggae Timur sukses mengumpulkan 62 poin. Sementara di posisi kedua diraih kafilah Kecamatan Banggae, serta posisi ketiga kafilah Kecamatan Ulumanda. 

Pengumuman para juara dilaksanakan, Kamis 4 Maret 2021 kemarin, sekaligus penutupan STQ XXVIII di pendopo rujab bupati Majene.

Kepala Kemenag Majene Adnan Nota mengatakan STQ yang telah dilaksanakan berjalan baik dan lancar. Acara yang awalnya dikonsep virtual namun bupati Majene dinilai cukup "bernyali " menggelar STQ tatap muka. Meski tidak sama dengan pelaksanaan sebelum-sebelumnya, masih banyak juga kelompok masyarakat yang ikut berpatisipasi dengan hadir di lokasi lomba serta tidak mengurangi esensi dari kegiatan tersebut.

Adnan juga berambisi membawa Kabupaten Majene sebagai juara umum pada pelaksanaan MTQ Provinsi Sulbar tahun 2022 mendatang. Apalagi Majene telah ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan event keagamaan tersebut. 

"Ambisi saya kita bisa kawinankan juara trophi STQ dan MTQ," ujar Adnan.

Ia juga menyebutkan semua qori qoriah juara 1-3 akan dijadikan aset daerah masuk dalam data base untuk pembinaan jangka panjang pelaksanaan MTQ tahun 2022.

Bupati Majene Lukman Nurman yang menutup kegiatan tersebut menginstruksikan kepada Bapeda Majene untuk memasukkan anggaran pembinaan MTQ san STQ dalam perencanaan. Lukman sangat yakin dengan penganggaran yang baik akan menghasilkan juara-juara di tingkat provinsi. 

"Saya minta kepada Bapeda masukan dalam perencanaan kita, dimulai setelah ini dihadirkan di penganggaran APBD perubahan," ucapnya.

Lukman juga mengkritisi peserta di cabang tafsir Al Qur'an yang sangat minim. Ia meminta kepada seluruh stakeholder terkait untuk menjadikan hal tersebut sebagai pekerjaan rumah untuk diselesaikan. 

"479 tahun Majene itu berdiri tapi tidak ada peserta yang mampu untuk tafsir. Saya minta ini menjadi PR kita," terangnya.

Sekedar informasi, total hadiah berupa uang pembinaan yang dibagikan kepada pemenang STQ kali ini, senilai Rp72 juta. (Hr/Red)

comments