-->

Hot News

Gunakan 4 Pesawat Carter, 352 TKA Asal China Tiba di Morowali

By On Sabtu, Mei 08, 2021

Sabtu, Mei 08, 2021

Gambar beberapa waktu lalu, ratusan TKA asal China yang kedapatan pulang kampung melalui Bandara Sultan Babullah, di Akehuda, Ternate Utara. Para TKA ini bertolak menurut Jakarta. [Dok Liputan6.com]


MOROWALI, MASALEMBO.COM  - Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China menggunakan 4 pesawat tiba di Bandara Maleo Morowali. Jumlahnya 352 orang. Kedatangan TKA bertahap. Kloter pertama terjadi pada 1 Mei 2021 menggunakan pesawat Wings Air dengan membawa penumpang 71 TKA dan 1 TKI. Kemudian pada kloter kedua menggunakan pesawat Wings Air membawa penumpang 72 TKA.

Mengutip telisik.id (jaringan Suara.com) setelah dilakukan pemeriksaan suhu sesuai protokol kesehatan, sebanyak 143 TKA asal China dan 1 TKI tersebut menuju PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara dengan tujuan bekerja membangun smelter.

TKA menggunakan kendaraan roda empat dari bandara menuju lokasi proyek.

Direncanakan dari 143 TKA yang datang, 54 TKA akan tinggal di PT. GNI. sementara 89 TKA akan melanjutkan perjalanan menuju PT. Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI) di Kabupaten Konawe.

Pada hari Rabu (5/5/2021) kembali tiba kloter pertama pesawat Wings Air dengan 72 orang penumpang, dan kloter kedua dengan 71 orang penumpang, kloter ketiga dengan penumpang 66 orang. Dengan demikian total TKA yang tiba sebanyak 352 orang.

Sementara itu terkait 89 TKA yang akan melanjutkan perjalanan ke Sultra, Humas Kantor Imigrasi Kelas I Kendari, Muhammad Keti, membenarkan TKA tersebut tiba di Morowali, namun tidak membenarkan TKA itu akan ke Sultra.

"Itu bukan wilayah kerja kami, tidak ke Sultra, mereka tujuan Morowali pakai pesawat carter," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat, 7 Mei 2021. (*)

Artikel ini sebelumnya tayang di suarasulsel.id dengan judul TKA Asal China Menggunakan 4 Pesawat Carter Tiba di Bandara Maleo Morowali. Lihat di sini

comments