-->

Malam Ini Fenomena Super Blood Moon Terlihat di Seluruh Wilayah Sulbar

On Rabu, Mei 26, 2021

MASALEMBO.COM

Fenomena Super Blood Mood atau gerhana bulan total [inet/bbc]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Fenomena gerhana bulan total akan terlihat malam ini di sejumlah wilayah di Indonesia. Salah satunya wilayah Sulawesi Barat. 

Sumber Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Majene mengatakan, gerhana bulan total pada 26 Mei 2021 malam nanti akan terjadi pada pukul 19.18,48 WITA. Fenomena yang disebut super blood moon ini dapat diamati di seluruh wilayah Sulawesi Barat.

"Kalau untuk gerhana total, dari poster yang dishare dari Stasiun Geofisika Gowa, Sulbar dapat gerhana total pak, yang tidak itu Riau, Sumatra Barat, Sumatra Utara dan Aceh," kata Bagus, Prakirawan BMKG Majene, Rabu (26/5/2021).

Ia mengatakan, gerhana bulan total ini terjadi ketika posisi matahari, bumi, dan bulan sejajar. Hal ini membuat bulan masuk ke umbra bumi. "Saat fase totalitas gerhana terjadi bulan akan terlihat kemerahan," ujarnya.

Peta gerhana bulan 26 Mei 2021 [Sumber BMKG Majene]

Muhammadiyah Gelar Salat Gerhana

Pada saat gerhana bulan juga gerhana matahari, melaksanakan salat gerhana merupakan sunnat muakkad. Salat gerhana bulan disebut salat khusuf dan salat gerhana matari disebut salat kusuf.

Organisasi Islam, Muhammadiyah mengeluarkan himbauan ajakan pelaksanaan salat khusuf malam nanti. Di Majene, Muhammadiyah bakal menggelar salat khusuf secara berjamaah di masjid Istiqamah milik organisasi perserikatan pimpinan Haedar Natsir itu.

"Sholat Gerhana Bulan di masjid Istiqomah Majene (belakang Telkom Majene), Rabu, 26/05/2021 pukul 18:30 (ba'da Magrib) ... Mohon diinfokan yg lain🙏," demikian pesan yang diterima masalembo.com dari salah satu pengurus dan kader Muhammadiyah di Majene, Rabu siang.

Berikut adalah tata cara dalam mendirikan ibadah salat gerhana:

Membaca niat dalam hati sebelum melakukan takbiratul ihram

Membaca taawudz dilanjutkan dengan surat Al-Fatihah

Membaca surat Al-Baqarah, dibaca dengan suara keras (Jahar)

Kemudian dilanjutkan dengan ruku dengan membaca tasbih selama membaca surat Al-Baqarah

Ketika melakukan itidal anda tidak membaca doa itidal melainkan membaca surat Al-Fatihah, dilanjutkan dengan membaca surat Al-imran, kemudian baru membaca doa itidal

Sujud, selama bersujud membaca tasbih yang bacaannya sama panjang dengan rukuk pertama

Duduk diantara dua sujud

Pada sujud kedua anda membacakan tasbih yang bacaannya sama panjang dengan rukuk kedua

Bangun dari sujud dan memasuki rakaat kedua

Pada rakaat kedua dianjurkan untuk membaca surat An-Nisa dan Al-Maidah namun boleh digantikan dengan membaca surat-surat pendek

Diakhiri dengan salam seperti salat-salat lainnya. 

(Hr/Red)



comments