-->

Hot News

KPU Enrekang Gelar Bimtek Tata Kelola Kearsipan

By On Rabu, September 15, 2021

Rabu, September 15, 2021



ENREKANG, MASALEMBO.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Enrekang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Kelola Kearsipan untuk seluruh Komisioner dan jajaran Staf Sekretariat KPU Enrekang.

Bimtek tersebut dilaksanakan dalam rangka menertibkan administrasi kelembagaan KPU Enrekang dengan menghadirkan narasumber sekaligus fasilitator dari tim arsiparis, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang.

Dalam sambutannya, Haslipa mengatakan bimtek tata kelola kearsipan merupakan hal yang sangat urgen untuk diprioritaskan sebab arsip menjadi aspek vital dari sebuah lembaga.

“KPU Enrekang mempunyai dokumen hasil Pemilu dan Pilkada dari periode ke periode, namun hingga saat ini belum tertata dengan baik. Dokumen masih dikelola seadanya,” katanya, Selasa (14/9/2021).


Haslipa menjelaskan, bimtek itu juga merupakan bagian dari persiapan KPU Enrekang dalam menyambut Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

“Kerumitan dan kompleksitas Pemilu dan Pilkada 2024 membutuhkan kompetensi dan keahlian dalam hal penataan dokumen sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya sengketa dalam proses tahapan nantinya,”tambah Haslipa.


Lebih lanjut, Haslipa mengatakan hal paling utama adalah pentingnya memahami tentang jenis-jenis dokumen yang akan diarsipkan termasuk prosedur dan alur dalam mengakses dokumen tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang, Arlansyah memaparkan bahwa tantangan utama yang dihadapi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang dalam mensosialisasikan perihal kearsipan adalah minimnya pengetahuan terhadap urgensi tata kelola arsip.

“Kendala utama kerasipan di Enrekang ini adalah masih banyaknya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kantor yang abai pada persoalan tata kelola arsip. Padahal arsip merupakan aspek vital karena merupakan back up data bagi suatu lembaga,” ucapnya.

Semoga kesadaran KPU Enrekang bisa tertular kepada lembaga lainnya. Menurutnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang senantiasa terbuka dan siap kerjasama dengan lembaga lain termasuk bersedia mendampingi dalam pengelolaan arsip.

“Kami memiliki tim arsiparis yang siap menfasilitasi dan mendampingi dalam melakukan pembenahan arsip OPD atau kantor termasuk di KPU Enrekang,” urai Arlansyah.

Penulis : El

comments