-->

Potret Cantik Keindahan Alam di Pasada "Bogor-nya Sulawesi Barat"

On Jumat, Oktober 01, 2021

MASALEMBO.COM

Sebuah villa di Pasada dengan latar pemandangan yang indah. [Ist/Masalembo.com]


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Keindahan alam di Sulawesi Barat memang tak kalah dengan provinsi lain di Indonesia. Yang beda hanyalah soal pemanfaatan, pengembangan dan pengelolaannya.

Satu contoh, Pasada, sebuah spot nan cantik di wilayah Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Daerah ini terletak di wilayah Desa Botteng Utara, Kecamatan Simboro, tak jauh dari jalur lintas barat Jl Trans Sulawesi Poros Majene-Mamuju.

"Daerahnya cukup menjanjikan."

Demikian kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Kominfopers) Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi DM usai berkunjung beberapa waktu lalu ke Pasada.

"Jika sudah terkelola maksimal, warga yang ingin berekreasi atau pun melakukan kegiatan out door, tempat ini dijamin akan sangat menyenangkan," ungkap Safaruddin.

Villa Pasada dengan latar belakang gunung dan laut [Ist/masalembo.com]

Safaruddin datang ke Pasada dalam rangka menggelar Forum Reviu dan Evaluasi Penyelenggaraan Urusan Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Pemprov Sulbar 2021 dan 2022 di sebuah villa di sana. Kegiatan itu digelar Sabtu, 25 September 2021 dan dihadiri Sekretaris Provisi Sulbar Muhammad Idris DP.

Sepulang dari sana, Safaruddin mengungkap sebuah villa yang terletak di Pasada. Kata dia, keberadaan villa itu mengingatkan pada suasana di kawasan puncak Bogor di Jawa Barat.

Keindagan alam di Pasada, daerah ini bisa diakses dengan roda dua maupun roda empat [ist/masalembo.com]

"Ini (villa Pasada) dekat dari ibukota Sulbar. Saya menjadi teringat Bogor. Yang menjadi tempat primadona warga Jakarta yang ingin berakhir pekan" kata Safaruddin, Kepala Dinas Kominfo Sulbar.

Pasada berjarak hanya sekitar 10 km dari Kota Mamuju. Tak membutuhkan biaya transportasi besar untuk kesana. Pemandangannya memang cantik. Ada pemandangan pegunungan dan juga laut. Jujur saja memang belum maksimal, villanya masih perlu ditambah. Dan jika kawasan ini di tata dan villa juga bertambah. Boleh jadi akan menjadi magnet bagi warga yang ingin melepaskan kejenuhan beraktivitas.

Villa Pasada, hanya 10 km dari pusat kota Mamuju, Sulawesi Barat [ist/masalembo.com]

"Hal yang juga masih butuh perhatian adalah jalan. Jarak kawasan dari Jalan Poros Mamuju-Majene tidak jauh, sekitar 500 meter," ujar Safaruddin.

Saat ini, kendaraan roda dua maupun roda empat sudah dapat mencapai lokasi. 250 meter dari jalan poros sudah di beton. Selebihnya masih jalan tanah yang dapat menjadi penghalang menuju lokasi jika turun hujan. Jalan yang licin tentu akan menjadi hambatan tersendiri bagi calon pengunjung.

"Kami sengaja melakukan kegiatan di sini (Pasada, red). Ya, sekali-sekali kita gelar kegiatan out door lah. Ini pertama kali kami buat kegiatan di Pasada. Bebas dari ancaman penyebaran Covid dan ternyata suasananya menyenangkan. Sekalian refreshing," sebut Safaruddin yang juga Ketua Asosiasi Kepala Dinas Kominfo Region Sulawesi. (Hr/Red)


comments