-->

Upacara Hari Pahlawan Digelar di Majene, Ziarah di TMP Galung Lombok

On Rabu, November 10, 2021

MASALEMBO.COM

Kapolda Sulbar saat melakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Galung Lombok, Kecamatan Tinambung, Polewali Mandar. [Ist/Masalembo.com]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Pelaksanaan hari Pahlawan di Majene kali ini sedikit lebih istimewa. Pasalnya para pejabat provinsi hadir langsung pada pelaksanaan upacara tersebut. Seperti Gubernur, Kapolda Sulbar, Kajati, Danrem 142 Tatag dan sejumlah pejabat lainnya.

Dipimpin langsung oleh Gubernur Sulbar H. Ali Baal Masdar peringatan hari pahlawan mengangkat tema Pahlawanku Ispirasiku, Rabu (10/11/21) digelar di Pendopo Rujab Bupati.

Guburnur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan, 10 Nopember ditetapkan sebagai hari pahlawan nasional melambangkan sejarah perjuangan para pahlawan yang membebaskan rakyat Indonesia dari belenggu penjajahan. Momen ini tentu tak pernah dilewatkan.

Bahkan, di kondisi pandemi Covid-19, peringatan momentum hari Pahlawan tetap dilangsungkan meski dengan menerapkan protokol kesehatan. 

"Hanya karena kondisi pelaksanaannya yang berbeda, nilai-nilai moral dan luhur tetap bisa dirasakan bagi setiap peserta yang hadir dalam kegiatan upacara hari pahlawan," ujarnya.

Upacara hari pahlawan ini juga diwarnai dengan pengibaran bendera dan pembacaan pesan-pesan pahlawan sebagai penggugah semangat mengenang perjuangan para pehlawan kusuma bangsa. 

Diantara pesan-pesan tersebut adalah ungkapan Bung Karno berikan aku 1000 orang tua akan kucabut gunung Semeru dari akarnya dan berikan aku 10 pemuda maka akan aku goncang dunia. 

Gubernur Sulbar dalam amanat yang dibacakannya mengatakan para pendiri bangsa ini menyadari dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air. 

"Inilah pelajaran berharga yang mereka wariskan kepada kita, untuk itu kita harus terus menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan Indonesia serta membuktikan pada dunia bahwa kita bisa mewujudkan cita-cita para pahlawan," ujarnya.

Melalui momentum peringatan hari pahlawan ini, ia mengajak semua pihak jadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi. 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulbar Kombes Pol Syamsu Ridwan yang turut hadir menyebutkan bahwa setiap tanggal 10 Nopember, kita seluruh Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu para pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia. 

Saat ini, lanjut Kabid Humas kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur adalah jerih payah perjuangan para pahlawan. 

"Pada kesempatan yang baik ini kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini," tutup Kabid Humas. 

Usai pelaksanaan upacara, rombongan upacara selanjutnya melaksanakan ziara ke taman makam pahlawan korban 40.000 jiwa di Galung Lombok Kecamatan Tinambung, dilanjutkan upacara tabur bunga di laut Dermaga Tangnga Tangnga, Kecamatan Tinambung Polman. (Rl/Red)

comments