-->

Indonesia Pukul Laos 5-1, Malaysia Tergusur dari Pucuk Klasemen

On Senin, Desember 13, 2021

MASALEMBO.COM

Pesepakbola Indonesia Ricky Kambuaya (kiri) mencoba melewati pesepakbola tim nasional Laos Lougleuang Keophouvong (kanan) pada babak pertama pertandingan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura, Minggu 12 Desember 2021.


SINGAPURA, MASALEMBO.COM - Tim Nasional Indonesia (Timnas) akhirnya mampu menang telak 5-1 atas Laos pada laga kedua Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12/201) sore WIB.

Usai unggul 2-1 di babak pertama, Indonesia langsung tancap gas di babak kedua lewat gol Witan Sulaeman (56'), Ezra Walian (77'), dan Evan Dimas (84').

Ini merupakan kemenangan kedua yang diraih Skuad Garuda di Grup B Piala Suzuki AFF 2020. Sebelumnya, mereka mengalahkan Kamboja 4-2 di laga perdana.

Tambahan tiga poin dari laga melawan Laos membawa Timnas Garuda memuncaki klasemen Grup B Piala AFF 2020 dengan menggusur Malaysia.

Tim Merah Putih mengoleksi enam poin dari dua laga, unggul produktivitas dari Malaysia yang kini berada di peringkat kedua. Sementara Laos terpuruk di dasar klasemen Grup B. Dari tiga laga yang sudah dimainkan, Laos selalu kalah dan belum mengantongi poin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Timnas Indonesia (Timnas) menang 2-1 atas Laos pada laga putaran pertama Piala AFF, Minggu (12/12/2021).

Tim Garuda langsung menekan pertahanan Laos sejak peluit babak pertama dibunyikan. Dan Laos menjawabnya dengan bermain bertahan.

Timnas Indonesia juga mencoba melepaskan tembakan jarak jauh melalui Evan Dimas pada menit ke-18. Dalam waktu 20 menit pertandingan, Timnas Indonesia menguasai hingga 75 persen penguasaan bola namun tidak memiliki peluang berbahaya.

Indonesia berhasil mendapatkan peluang bagus untuk mencetak gol pada menit ke-21 setelah Alfeandra Dewangga dijatuhkan di kotak terlarang. 

Asnawi Mangkualam maju sebagai eksekutor penalti. Asnawi melepaskan tembakan keras sekaligus mengecoh kiper Laos, Keo-Oudone Souvannasangso. 

Usai kebobolan, Laos mencoba bermain lebih terbuka. Indonesia justru memanfaatkannya untuk melihat celah terbuka di area pertahanan lawan. 

Pada menit ke-35, Timnas Indonesia berhasil menggandakan keunggulan. Berawal dari penetrasi Asnawi yang maju membantu serangan, umpan lambung yang dilepaskannya dengan mudah disambut oleh Irfan Jaya. Hanya dengan sentuhan ringan, Irfan Jaya berhasil memasukkan bola ke gawang. (*/Red)

Sumber: RRIonline.

comments