-->

Jangan Sampai Ketinggalan, Ini 6 Perlengkapan Traveling yang Wajib Dibawa

On Selasa, April 12, 2022

MASALEMBO.COM

Foto: Ilustrasi/inet

MASALEMBO.COM- Apakah Anda sedang memiliki rencana liburan atau traveling untuk saat ini? Tujuan untuk traveling bisa ke mana saja, baik dalam maupun luar negeri. Jika Anda sudah ada perencanaan dan budget untuk traveling, tunggu apa lagi? Yang pasti, perlengkapan traveling menjadi barang wajib yang harus Anda bawa saat berlibur.

Ketika Anda sudah merencanakan tujuan liburan, maka Anda juga perlu menyiapkan berbagai kebutuhan selama di lokasi. Jangan sampai momen berlibur menjadi tidak aman dan nyaman karena melupakan berbagai perlengkapan yang seharusnya dibawa.

Untuk mempersiapkan berbagai perlengkapan liburan, Anda bisa mencari tips dan rekomendasi dari teman maupun dari internet. Dengan demikian, agenda traveling berjalan dengan lancar.

6 Perlengkapan Penting yang Wajib Dibawa Saat Liburan

Bersama siapapun Anda pergi, proses merencanakan traveling memang seharusnya tidak dadakan. Persiapan yang matang akan membuat bepergian lebih tenang dan menyenangkan. Selain menyiapkan kondisi fisik yang sehat, Anda juga tidak boleh melewatkan untuk menyiapkan perlengkapan travelling yang lengkap.

Memang hal ini akan sangat menentukan kondisi Anda dalam melakukan travelling. Nah, berikut ini 6 perlengkapan traveling yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Dokumen Perjalanan

Dokumen perjalanan merupakan barang yang wajib Anda bawa ketika mengunjungi suatu tempat. Dokumen yang wajib masuk tas antara lain; KTP, SIM, bukti pemesanan hotel, tiket transportasi hingga paspor, beserta visa. Terlebih jika travelling mengunjungi negara tertentu, paspor dan visa merupakan barang yang harus dibawa saat traveling ke luar negeri.

Ada baiknya untuk membuat salinan semua dokumen di atas dan simpanlah di tempat terpisah. Hal ini akan meminimalisir dokumen hilang ataupun tertinggal. Anda juga dapat menyimpannya di tas kecil sehingga dapat dibawa kemana-mana ketika berpindah tempat.

2. Perlengkapan Kebersihan

Selama travelling jangan sampai melupakan berbagai perlengkapan kebersihan yang dibutuhkan. Anda harus menyiapkan shampo, sabun, pasta gigi, sikat gigi, handuk dan kebutuhan pribadi lainnya. Demi kesehatan, hindari untuk memakai perlengkapan tersebut bersama-sama dengan rekan seperjalanan.

Meskipun pada umumnya perlengkapan kebersihan telah disediakan oleh pihak penginapan, tapi bisa saja Anda tidak cocok dalam menggunakannya. Akan lebih baik jika menyiapkan berbagai perlengkapan kebersihan sendiri. Simpanlah berbagai barang tersebut di wadah yang kedap air sehingga tidak mengotori barang-barang lainnya. 

Sebaiknya bawalah kosmetik secukupnya saja, sehingga barang bawaan tidak akan overload. Nah, ada yang perlu diingat wanita yang datang bulan. Jangan lupa juga untuk menyediakan pembalut sebagai perlengkapan traveling wanita yang tidak boleh ketinggalan.

3. Obat-Obatan Pribadi

Obat-obatan merupakan salah satu perlengkapan traveling yang wajib masuk tas. Obat yang sebaiknya Anda bawa yakni obat anti alergi, yaitu obat yang meredakan alergi tertentu. Jika Anda memiliki penyakit khusus alangkah baiknya untuk menyiapkan obat khusus sesuai anjuran dokter.

Meskipun kondisi tubuh Anda sedang fit, namun tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga terlebih dahulu. Simpanlah obat-obatan ke dalam tas yang mudah ditemukan. Dengan demikian, apabila diperlukan Anda tidak perlu kebingungan. Jadi, apakah selama ini Anda sudah terbiasa membawa obat-obatan saat traveling?

4. Peralatan Elektronik

Selama traveling pasti akan ada keinginan Anda untuk mengabadikan foto. Apalagi jika tempat yang dikunjungi memiliki pemandangan yang indah. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk membawa kamera, charger handphone maupun kamera hingga powerbank. Anda juga dapat menempatkannya sendiri sehingga tidak tertindih dengan barang lain.

Jika tidak memiliki kamera, Anda dapat memaksimalkan fungsi smartphone yang Anda miliki. Tapi, jika berhubungan dengan pekerjaan, misalnya membuat konten, Anda juga dapat menggunakan smartphone sekaligus laptop. Jika tidak dibutuhkan, hindari membawa laptop agar barang bawaan tidak semakin berat.

5. Baju Ganti

Pakaian atau baju ganti memang sangat penting dibawa saat melakukan traveling. Akan tetapi Anda harus mengetahui tips membawa baju saat traveling. Jangan sampai membawa baju yang terlalu tebal atau besar ukurannya. Jika Anda melakukan demikian, barang bawaan menjadi lebih berat dan tidak digunakan secara efektif dan efisien.

Tidak perlu bawa banyak baju, tapi bawalah baju ganti secukupnya saja. Pilihlah baju atasan atau bawahan yang mudah untuk mix and match. Ini akan memudahkan Anda untuk memakainya. Saat akan foto-foto pun akan menarik dilihat di kamera.

Jangan lupa juga untuk membawa jaket ataupun sweater untuk mengantisipasi musim dingin di kota atau negara yang sedang Anda kunjungi.

6. Tote Bag

Tote bag bisa menjadi barang andalan yang wajib Anda bawa saat traveling. Pasalnya tote bag memiliki fungsi yang signifikan dan mudah dibawa. Anda dapat menggunakan tote bag untuk menyimpan barang-barang berharga seperti dokumen penting, dompet, paspor hingga uang tunai.

Tote bag memiliki ukuran yang pas untuk menaruh barang-barang penting. Ukurannya tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar untuk dibawa kemana-mana. Oleh karena itu, alangkah baiknya siapkan tote bag sebelum melakukan traveling.

Anda dapat menemukan berbagai motif maupun warna tote bag yang menarik di marketplace bibli.com. Tentunya dengan menggunakan Blibli akan banyak keuntungan belanja yang Anda dapatkan. Mulai dari kualitas barang yang baik, ragam pilihan yang ada hingga harga yang dapat disesuaikan dengan kantong Anda.

Bahkan seluruh perlengkapan traveling yang dibutuhkan melalui marketplace Blibli. Blibli merupakan salah satu marketplace terbaik di Indonesia dengan kualitas barang yang baik dan tentunya harga yang bersaing. Temukan diskon menarik pada setiap pembelanjaan. Tunggu apa lagi? Segera belanja di Blibli!. (Red/Cr)


comments