-->

Wabup Majene Dukung Perbaikan Layanan Ibadah Haji Kemenag

On Sabtu, September 17, 2022

MASALEMBO.COM

Suasana Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahunan 1443 Hijriah/20220 yang dilaksanakan Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulawesi Barat, Jumat (16/9/2022). [IST/Masalembo.com]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Wakil Bupati Majene Arismunandar menghadiri Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahunan 1443 Hijriah/20220 yang dilaksanakan Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulawesi Barat, Jumat (16/9/2022). Kegiatan ini digelar di Hotel Amasi Lingkungan Barane, Kecamatan Banggae Timur, Majene.

Wabup Arismundar menyambut baik pelaksanaan rapat evaluasi tersebut, mengingat perlunya membedah persoalan yang dihadapi pada pelaksanaan ibadah haji sebelumnya. 

Harapannya, agar setiap catatan penting yang dihasilkan akan menjadi rekomendasi untuk peningkatan kualitas ibadah haji di tahun tahun yang akan datang. 

"Kami menyambut baik dan mendukung upaya yang dilakukan Kemenag dalam upaya meningatkan pelayanan ibadah haji agar semakin baik kedepannya sesuai visi misi Pemkab Majene, unggul, mandiri dan religius,” ucap Aris.

Hal senada juga disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulbar Muflih B Fattah. Ia menyebutkan, rapat tersebut untuk merevisi berabagi kelemahan dan kekurangan pelaksanaan ibadah haji tahun 2022, mulai dari pelaksaan bimbingan  manasik, pemeriksaan kesehatan di Dinas Kesehatan, pemberangkatan dari daerah ke Embarkasi Makassar  hingga pelaksanaan ibadah di tanah suci Mekkah dan Madinah di Arab Saudi. 

Menurutnya, sebagai pelayan tamu-tamu Allah, Pemerintah atau para penyelenggara haji harus bisa mengetahui indeks kepuasan jamaah walaupun tahun ini, kuota Sulbar berkurang menjadi 663 jemaah dari sebelumnya mencapai 1400 kuota. 

Muflih berharap jumlah kuota haji akan bertambah di tahun 2023 seiring dengan berakhirnya masa pandemi Covid-19. 

"Saya mohon kepada Kementrian Agama di Kabupaten Kota, para Kepala KUA agar memaksimalkan pelaksanaan bimbingan manasik. Kita tidak mau ada jemaah yang belum memahami tata cara pelaksanaan haji," bebernya.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut, para Kepala Kemenag di Sulbar diantaranya Majene, Mamasa dan Polman. Para Kabag Kesra (Majene, Mamasa dan Polman, Kepala Seksi PHU Kabupaten Majene, Polman dan Mamasa, tim Kesehatan dari Dinkes serta peserta lainnya. (Adv/Ril)

comments