-->

Hot News

Belasan Rumah Warga di Dusun Tamao, Tapalang Terendam Banjir

On Jumat, November 18, 2022

MASALEMBO.COM


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Hujan deras mengguyur mengakibatkan banjir terjadi di Dusun Tamao, Desa Tapalang, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju, Sulbar, Jumat (18/11/2022).

Anwar warga setempat mengatakan, saat ini sedikitnya ada 11 rumah warga yang terendam air. Ketinggian air sampai 70 sentimeter di halaman rumah. 

"Kalau di dalam rumah ketinggian air sudah mencapai 30 sentimeter," ujarnya.

Lanjut dikatakan, bahkan pihaknya mengimbau warga agar mengungsi di tempat yang lebih aman untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, pasalnya hujan saat ini masih turun mengguyur wilayah tersebut. 

"Kebetulan saya di lokasi sekarang, jadi saya sampaikan ke masyarakat tolong dikosongkan ini tempat, mengungsi di rumah kerabat yang dirasa aman sambil mengemas barang berharga. Jangan sampai terjadi hal yang tidak kita inginkan karena hujan belum ada tanda-tanda rendah," terangnya.

Dikatakan bahwa tingginya curah hujan  yang mengguyur mengakibatkan debit air sungai Tamao meluap akibat terjadi pendangkalan. Setiap kali hujan deras air memang kerap menggenangi pemukiman warga.

Anwar mengaku bahwa pihaknya sudah bersurat ke balai dengan harapan aliran sungai Tamao dikeruk, sehingga tidak terjadi pendangkalan lagi.

"Kami sudah menyurat ke Balai tapi  sampai hari ini belum ada jawaban apa lagi tindakan," ungkapnya.

Di mengatakan, dirinya masuk di PUPR Kabupaten kemudian diarahkan ke Balai setelah di balai kemudian diarahkan lagi ke Dinas PUPR Provinsi.

"Katanya nanti PUPR Provinsi yang menyurat ke Balai. Sementara yang kami harapkan ini adalah mengantisipasi secepatnya air yang selalu masuk di pemukiman," ujarnya.

Anwar berharap pihak terkait bisa turun langsung melihat kejadian seperti ini. "Karena setiap hujan deras pasti air sungai meluap ke pemukiman warga," sambungnya. (Awal Dion)

comments