-->

Hot News

Bupati Mamuju Serahkan Bantuan Alsintan ke Petani

On Senin, Desember 26, 2022

MASALEMBO.COM


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Pemerintah Kabupaten Mamuju kembali menyerahkan bantuan kepada para petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) di kantor Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Mamuju, Senin (26/12/2022).

Bantuan tersebut mendapat dukungan kegiatan APBN  lewat anggota DPR RI Komisi IV DR. H. Suhardi Duka, masih terus mengalirkan bantuan pertanian dan peternakan ke Kabupaten Mamuju. 

Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi, kembali menyampaikan rasa terimakasih kepada Suhardi Duka, atas bantuan yang terus dirasakan oleh masyarakat Sulawesi Barat dan juga secara khusus yang ada di Mamuju.

Sutinah menilai, bantuan tersebut akan sangat membantu, terutama bagi para petani yang akan lebih produktif sebab telah ditunjang dengan sejumlah alat dan mesin pertanian (alsintan) yang cukup memadai. 

Kepada para penerima, ia berharap bantuan  yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik dalam upaya meningkatkan produktifitas pertanian dan peternakan. Sehingga masyarakat Mamuju tidak lagi harus mendatangkan komoditas kebutuhan pangan dari luar Mamuju.

"Utamanya dalam menghadapi hari-hari besar keagamaan seperti Idul fitri  yang tinggal beberapa bulan lagi," ujarnya. 

Dia menambahkan bantuan yang di salurkan pemerintah Kabupaten Mamuju, bersama anggota DPR RI Suhardi Duka, maupun bantuan melalui pemerintah Provinsi Sulbar, diyakini telah berdampak pada menurunnya angka inflasi di Kabupaten Mamuju. 

"Kondisi ini diharapkan akan menjadi penguatan dalam meningkatkan ketahanan pangan di daerah ini, serta mempersiapkan diri sebagai daerah penyanggah ibu kota negara," imbuhnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan, Sofyan, menyebutkan bantuan ini bersumber dari APBD Kabupaten Mamuju di tambah dari APBN melalui intervensi program oleh legislator senayan Suhardi Duka.

Ia menyebut bantuan yang disalurkan  secara rinci antara lain, Tractor roda dua 1unit, pupuk organik 160 dos, motor roda tiga 10 unit, pompa air  9 unit. Selain itu pembagunan jalan tani, pembagunan rehab jaringan, ayam ras bertelur dan pakan ayam serta ternak ayam, dan mesin pelletizer, kawat duri, pemipil jagung, Conseler mini, Kampung aneka cabai, bibit durian, hingga Poreser. 

"Kita berharap bantuan yang diberikan kepada kelompok tani agar dimamfaatkan untuk meningkatkan hasil pertanian mereka," pungkasnya.(Al).

comments