-->

Hot News

Ekspor Bungkil Sawit, Akmal Desak Bea Cukai Berdiri di Sulbar

By On Rabu, Januari 11, 2023

Rabu, Januari 11, 2023


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Produk ekspor daerah asal Sulbar kian bertambah. Kali ini Sulbar yang kaya akan komoditi Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit telah memproduksi bungkil inti sawit. 

Sebanyak 3.800 ton, atau Rp 8,4 miliar bungkil inti sawit siap dikirim melalui pelabuhan Belang-belang Mamuju tujuan Thailand, Rabu 11 Januari 2023.

Bungkil inti sawit atau palm kernel expeller (PKE) merupakan limbah dari proses pengolahan industri minyak sawit. Bungkil ini merupakan bahan baku pakan ternak asal tumbuhan. 

Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik mengapresiasi atas aktivitas ekspor di Sulbar, menurutnya ini merupakan kolaborasi dari berbagai pihak, diharapkan akan terus berlanjut di Sulbar. 

Hanya saja ia menyayangkan sebab  produk ekspor Sulbar masih tercatat di daerah tetangga. Maka dipastikan  Dana Bagi Hasil (DBH) Sulbar dari produk ekspor itu dinikmati daerah lain.

"Sampai kapan Sulbar bisa mandiri potensi sumber daya alamnya. Sampai kapan kita selalu berkontribusi PDRBnya dengan daerah tetangganya. PDRBnya Sulbar menyumbang pada PDRBnya Pare-Pare. Saya ingin menyampaikan inilah kondisi sekarang," tegas Akmal. 

Hal itu juga berkaitan dengan pengembangan Pelabuhan Belang-belang, yang menurutnya percuma pelabuhan dikembangkan jika setiap produk ekspor masih tercatat di daerah lain. 

"Sulbar berhak untuk mengklaim produknya sendiri. Kasian Sulbar. Sampai kapan kami akan begini terus. Dipastikan DBH bukan ke Sulbar. Akhirnya apa, APBD kita tidak akan bergerak," tegas Akmal.

Oleh karena itu, Akmal berharap agar Bea Cukai segera berdiri di Sulbar. 

Kepala Stasiun Karantina Pertanian Mamuju, Agus Karyono menyampaikan, di Indonesia Bungkil ini merupakan limbah namun memiliki ekonomis tinggi. Karenanya  Sulbar perlu  mendorong hilirisasi produk pertanian di Sulbar 

"Hilirisasi produk pertanian harus kita galakkan. Apalagi pasca Pandemi, kita harus mengalahkan ekspor. Dan salah salah satu upaya kami mendorong aktivitas ekspor di Sulbar," ujar Agus.(Adv)

comments