-->

Hot News

Panen Bawang di Majene, Wamentan: Situasi Politik Biarkan Saja Berjalan, Produksi Harus Meningkat

By On Selasa, Januari 31, 2023

Selasa, Januari 31, 2023

Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qalbi (hitam) bersama Gubernur Akmal Malik, Bupati Majene Andi Achmad Syukri dan para pimpinan OPD melakukan panen bawang di Galung Paara, Desa Pamboborang, Kecamatan Banggae, Majene, Selasa 31 Januari 2023. [Foto: Kominfopers Sulbar]

MAJENE, MASALEMBO.COM - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi akhirnya tiba di Majene, Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (31/1/2023). Sebelumnya Wamentan mendarat di Mamuju dan disambut Gubernur Sulbar Akmal Malik.

Wamentan Harvick Hasnul Qalbi berkunjung ke Majene untuk menghadiri panen bawang merah di Dusun Galung Paara, Desa Pamboborang, Kecamatan Banggae.

Di kesempatan ini, Wamen bertemu langsung dengan petani, dan para Pimpinan OPD. Ia menyampaikan banyak hal, salah satunya pertanian yang ia sebut sebagai jantung perekonomian dan merupakan salah satu penyumbang terbesar Pendapatan Asli Daerah (PAD) di daerah.

Ia juga mengemukakan, pengembangan produksi pertanian diharapkan tetap meningkat meski dalam kondisi situasi tahun politik saat ini.

"Dengan situasi politik di tahun ini biarkan saja berjalan, jangan terganggu, tetap tingkatkan produksi pertanian karena itu menjadi kepentingan utama masyarakat," harapnya.

Wamentan menyampaikan, Pemerintah Pusat tidak hanya mengandalkan impor tetapi juga mendorong ekspor. "Masyarakat harus tahu, bahwa Presiden Joko Widodo menitip salam setiap saya laporkan kegiatan kunker di daerah pertanian seperti saat ini," akunya.

Wamentan Harvick mengaku, akan kembali melakukan kegiatan kunker ke wilayah Sulbar termasuk di Kabupaten Majene untuk melihat perkembangan produksi pertanian. "Artinya, jangan hanya pemerintah diminta lebih prioritas dan mengayomi masyarakat tapi masyarakatnya tidak mau bergerak kan repot juga nih, tapi masyarakat Pamboborang ini kelihatannya semua baik," ucapnya.

Harvick Hasnul Qolbi meminta kepada Pemerintah Daerah setempat untuk mengawal usulan masyarakat tentang pengadaan bibit bawang merah. "Utamanya pak Bupati bersama forkopimda untuk mengingatkan saya, karena kita sudah berkomitmen," pintanya.

Setelah Wamentan melakukan dialog dengan para anggota kelompok tani di lokasi pertanian unggulan penanaman bawang merah di Desa Pamboborang, dilanjutkan ke lokasi Foodestate di Kelurahan Tande Timur.

Tampak turut hadir dalam kunker Wamentan ini Gubernur Sulbar Akmal Malik, Bupati Majene Andi Achmad Syukri, Wakil Bupati Majene Aris Munandar Kalma, Sekda Majene Ardiansyah, Pimpinan OPD, Forkopimda, serta para tamu undangan lainnya. (Adv)

comments