-->

Hot News

DPRD Sumenep Minta Semua Kapal Penyeberangan Kalianget- Talango Dioperasikan

By On Kamis, April 06, 2023

Kamis, April 06, 2023

Anggota komisi III DPRD Sumenep, Wiwid Harjo Yudanto. (Istimewa/Humas DPRD Sumenep). [Khairullah Thofu]


SUMENEP, MASALEMBO.COM- Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Wiwid Harjo Yudanto meminta otoritas dan pihak terkait untuk mengoprasikan semua kapal penyeberangan Pelabuhan Kalianget-Talango.

Sebab menurutnya sebentar lagi akan memasuki arus mudik lebaran hari Raya Idul Fitri, yang biasanya terdapat peningkatan atau lonjakan penumpang yang dapat mengakibatkan kemacetan dan antrian panjang warga yang hendak menyeberang.

"Dengan lonjakan penumpang maka diperkirakan akan berpengaruh kepada antrian masuk tongkang. Bahkan, apabila armada yang dioperasikan tetap seperti itu akan mengakibatkan antrian panjang," ujarnya.

Maka kata dia, pengoprasian kapal yang lebih banyak dapat mengurai atau bahkan menghindari kepadatan antrian di pelabuhan. Ditambah banyak warga masyarakat Talango yang selama ini merantau.

"Jadi, jangan ada kapal yang nganggur, harus beroperasi semua di saat jelang lebaran jika ada lonjakan penumpang,” ungkapnya," Rabu 05/April/2023.

Otomatis, kata dia, lonjakan penumpang akan berdampak nantinya. "Sehingga, diperlukan antisipasi yang ketat dari pihak petugas pelabuhan dan kapal itu sendiri,” tegasnya.

Poolitisi PKS itu meminta petugas pelabuhan maupun Dinas Perhubungan (Dishub) untuk sigap mengantisipasi antrian. Salah satunya durasi keberangkatan bisa dipercepat.

"Makanya, mulai saat ini hendaknya dilakukan upaya antisipasi dalam mengurai antrian penumpang," imbuhnya.

Selain itu dibutuhkankan pengaturan lalu lintas pelabuhan oleh otoritas pelabuhan untuk dapat mengatur keluar masuk penumpang, sehingga dapat mengantisipasi kemacetan di pelabuhan.

"Jadi, petugas yang mengatur juga harus cepat," jelasnya.

Intinya, dirinya meminta jangan sampai terjadi penumpukan penumpang baik di dermaga Kalianget maupun Talango.

"Makanya, mulai saat ini hendaknya dilakukan upaya antisipasi dalam mengurai antrian penumpang," imbuhnya. (TH)

comments