-->

Hot News

Peduli ODGJ, Mahasiswa Psikologi UNM Gelar Terapi Musik

By On Kamis, April 06, 2023

Kamis, April 06, 2023


MAKASSAR, MASALEMBO.COM - Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar menunjukkan kepedulian dan kecintaan mereka terhadap sesama melalui pelaksanaan Terapi Musik untuk ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) padan Kamis, 6 April 2023. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Proyek Kemanusiaan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kepercayaan diri ODGJ melalui bermain musik dan bernyanyi bersama.

Pelaksana kegiatan, Najiba Alimuddin mengatakan, dalam pelaksanaan terapi musik ini, ODGJ diajak untuk bermain drum, gitar, piano, dan bernyanyi bersama dengan bimbingan mahasiswa BKP. 


Selain dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam menunjukkan ekspresi serta emosi positif, terapi musik juga mampu memenuhi kebutuhan individu khususnya keterampilan sosial. 

"Pentingnya terapi musik dilaksanakan agar keterampilan sosial ODGJ dapat terlatih mengingat beberapa kasus yang dihadapi ODGJ adalah penarikan sosial," kata Najiba.

Menurutnya, melalui proses pelaksanaan terapi musik yang dilakukan oleh mahasiswa BKP, hasil yang didapatkan sangat memuaskan. ODGJ mampu aktif dalam pelaksanaan terapi, mampu menyalurkan bakat dalam bermain musik, dan mampu berinteraksi dengan baik selama proses terapi musik dilaksanakan.

Dikatakan, kegiatan Terapi Musik ini tidak hanya bermanfaat bagi ODGJ, tetapi juga bagi mahasiswa BKP dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola kegiatan kemanusiaan dan pemberdayaan masyarakat. 

"Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, terutama mereka yang membutuhkan," pungkas Najiba. (Ril/Har)




comments