-->

Hot News

Mahasiswa Psikologi UNM Dorong Pemahaman Kearifan Lokal Siswa Lewat P5

By On Minggu, Mei 21, 2023

Minggu, Mei 21, 2023

Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Islam Athirah Bukit Baruga Antang. [Foto: Rika Amalia Ruslan]

MAKASSAR, MASALEMBO.COM - Mahasiswa BKP (Bentuk Kegiatan Pembelajaran) dari Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar berpartisipasi dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Islam Athirah Bukit Baruga Antang.

Pentingnya pemahaman terhadap kearifan lokal oleh generasi saat ini menjadi fokus utama dalam Proyek P5 yang sedang berlangsung di SMA Islam Athirah Bukit Baruga. Proyek ini digelar dari tanggal 10 April 2023 hingga 31 Mei 2023, dan melibatkan berbagai aktivitas seru dan inovatif.

Penyelenggara proyek adalah SMA Negeri Islam Athira Bukit Baruga, sementara mahasiswa Psikologi UNM sebagai fasilitator dan membuat games. Mereka yakni Rika Amalia Ruslan, Diah Alfiati, dan Arifa Mulinkasari Sukur.

Menurut Diah Alfiati, proyek ini dimulai dengan tahap "Temukan", di mana para murid diajak untuk mengenal bentuk dan fungsi kearifan lokal yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan tahap "Bayangkan", di mana murid diminta untuk melihat langsung kearifan lokal yang ada di wilayahnya dan menganalisis hubungannya dengan masyarakat sekitar. "Tahap ini diakhiri dengan membayangkan kondisi ideal yang mencerminkan karakter lingkungan dan kearifan lokal yang diharapkan oleh murid," ujarnya.

Berikutnya, proyek dilanjutkan dengan tahap "Lakukan", yang bertujuan untuk mempersiapkan murid agar dapat mengamalkan dan menyebarkan kearifan lokal yang telah mereka temukan sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. Terakhir, proyek ini diakhiri dengan tahap "Bagikan", di mana semua murid membagikan pengetahuan mereka tentang kearifan lokal kepada warga sekolah, guru, pihak dinas, dan perwakilan masyarakat.

Pelaksana Proyek, Rika Amalia Ruslan, mengatakan, dalam proyek ini mahasiswa BKP dari Fakultas Psikologi UNM juga turut berperan. Pada tanggal 11 April 2023, mereka membuat permainan dengan tema "Pengaruh Identitas Kelompok pada Identitas Diri" dalam kegiatan ketiga. 

"Pada tanggal 4 Mei 2023, dalam kegiatan kelima, mereka menjadi fasilitator. Selanjutnya, pada tanggal 8-9 Mei 2023, dalam kegiatan keenam, mereka mendampingi siswa dalam mengenal langsung budaya lokal Sulawesi Selatan, yaitu Balla Barakkaka di Galesong," terang Rika melalui rilis yang diterima redaksi masalembo.com, Minggu (21/5/2023).

Sementara, Arifa Mulinkasari Sukur mengungkapkan, salah satu siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengaku telah meluapkan kegembiraannya terhadap proyek ini, dengan mengatakan, "Kegiatan ini sangat seru. Saya senang bisa berinteraksi langsung dengan budaya lokal, dan saya merasa metode pembelajaran ini sangat inovatif."

Pihak sekolah berharap proyek ini dapat berjalan lancar hingga selesai, dan para murid dapat memperoleh manfaat yang maksimal sesuai dengan tujuan proyek tersebut. (Ril/Har)

comments