-->

Hot News

PJ Gubernur Sulbar Resmikan Rest Area Palipi

By On Rabu, Mei 10, 2023

Rabu, Mei 10, 2023



Majene, Masalembo.com - Pj Gubernur Sulawesi Barat,  Akmal Malik meresmikan Rest Area Palipi di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palipi, Kabupaten Majene, Rabu 10 Mei 2023.

Akmal Malik menjelaskan hadirnya gagasan rest area tersebut berawal dari pengalaman kunjungan kerjanya ke berbagai tempat di kabupaten-kabupaten yang tersebar di Provinsi Sulawesi Barat.

Disebutkan Akmal Malik, masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dari Mamuju ke Majene dibutuhkan waktu sekitar 120 menit. Artinya, sambung Akmal masyarakat atau pengguna jalan membutuhkan tempat untuk sekedar persinggahan istirahat.

"Tidak baik menjadikan rumah ibadah sebagai tempat persinggahan sekedar ingin buang air. Untuk itu pemerintah hadir melaksanakan fungsi pelayanan dengan menghadirkan rest area," jelas Akmal.

Pemanfaatan PPN Palipi menjadi rest area juga sebagai upaya pemanfaatan aset daerah. Akmal Malik menuturkan dengan pemanfaatan aset  menjadi salah satu langkah peningkatan PAD. Dengan harapan Sulbar sebagai daerah otonomi dapat keluar dari kebergantungan terhadap dana transfer.

"Otonomi daerah adalah kemandirian fiskal. Bukan menjadikan transfer menjadi modal utama, kuncinya memanfaatkan aset kita. Fokus penambahan PDRB dulu," kata Akmal Malik. 

Menurut Akmal, enam kabupaten yang mencukupi Provinsi Sulbar, belum ada satu kabupaten pun yang bergerak menghadirkan atau memiliki rest area. 

"Aset yang dikelola pemerintah di enam kabupaten untuk rest area itu tidak ada. Bahkan di Pare-Pare, Pinrang, dan Barru (Sulawesi Selatan) juga tidak ada. Artinya apa pemerintah tidak melaksanakan fungsi pelayanan dengan baik," katanya. 

Oleh karena itu, Akmal Malik menantang Pemkab Majene dapat melanjutkan pengembangan dan menjadikan Rest Area Palipi menjadi percontohan untuk di kabupaten lain.

"Saya minta pemkab Majene mengelola agar rest area ini berjalan dengan baik dan menjadi percontohan bagi daerah lain. Kuncinya adalah melakukan kolaborasi dengan berbagai stakeholder," ujar Akmal Malik.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Majene Arismunandar berterima kasih atas  hadirnya Rest Area di Palipi. Menurutnya rest area sebagai fasilitas umum dapat memberikan dampak terhadap UMKM, memperkenalkan produk lokal dan mendorong pengembangan Majene.

"Kita berikan apresiasi kepada Pj gubernur yang telah menggagas rest area ini semoga dapat memberikan kemajuan dan bermanfaat bagi masyarakat," tutur Arismunandar. (Adv)


comments