-->

Hot News

Festival Batik, Bupati Sumenep Ingatkan Ancaman Busana Luar

By On Senin, Agustus 28, 2023

Senin, Agustus 28, 2023

Bupati Sumenep Achmad Fauzi bersama istrinya Nia Kurnia saat acara fashion show festival batik. [Foto: Khairullah]


SUMENEP, MASALEMBO.COM- Pemerintah Kabupaten Sumenep, menggelar festival batik yang merupakan bagian dari rangkaian semarak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 78. Minggu 27/08/2023 malam

Melalui momentum tersebut, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengingatkan, di era globalisasi dan kemudahan teknologi batik sebagai warisan budaya turun-temurun mendapatkan ancaman dari merebaknya budaya busana global yang menawarkan ragam kemewahan.

Penting untuk terus meyakinkan diri, secara nasional bahwa batik merupakan bagian dari kebudayaan yang merupakan karakter dan identitas dari Bangsa Indonesia. Seperti yang di cita-citakan Bapak Bangsa Bung Karno berkepribadian secara kebudayaan.

"Perkembangan gaya busana dari luar jangan sampai menggerus batik sebagai produk yang bernilai di pasar fashion atau mode, karena batik ini bisa dijadikan gaya busana modern disesuaikan dengan zaman," ujarnya.

Bupati Sumenep juga mengajak, masyarakat khususnya generasi muda supaya mencintai warisan leluhur ini. Selain itu, para pelaku batik juga harus lebih permisif terhadap perkembangan gaya busana modern.

Sehingga batik dapat memberikan kesan saat dikenakan. Hal itu juga kata Achmad Fauzi dapat berdampak terhadap perkembangan batik ke pasar global.

"Yang jelas, festival ini bukan hanya sekedar menampilkan peserta berpakaian batik di atas panggung saja, melainkan mampu menggerakkan serta menumbuhkan kecintaan masyarakat," katanya.

Lebih jauh Bupati mengharapkan, masyarakat peminat batik terus meningkat, sehingga melalui festival batik menjadi sarana untuk mempromosikan batik yang ada di Kabupaten Sumenep, demi melestarikan dan mengembangkan warisan budaya ini. 

"Jika pemakai seragam batik semakin banyak tentunya juga berdampak kepada perekonomian daerah khususnya perajin batik dan UMKM," tandasnya.

Sumenep Festival Batik ini merupakan bagian dari kegiatan Madura Culture Festival yang menampilkan beragam seni budaya Kabupaten Tapal Kuda, sebagai salah satu acara kalender Pemerintah Kabupaten Sumenep 2023.  

"Kami bersyukur pengrajin batik di Kabupaten Sumenep terus berkreasi dan berkarya membuat motif baru, untuk melestarikan dan mengembangkan batik," pungkas.

Sementara itu, peserta Sumenep Festival Batik 2023 sebanyak 90 orang yang berasal dari Madura dan sejumlah kota di Jawa Timur. (TH)

comments