-->

Hot News

Jelang Pemilu 2024, Ketua DPRD Sumenep Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan

By On Selasa, September 12, 2023

Selasa, September 12, 2023



Foto: Ketua DPRD Kabupaten Sumenep Abdul Hamid Ali Munir

SUMENEP, MASALEMBO.COM- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir mengajak masyarakat tetap menjaga kerukunan menjelang pesta demokrasi pemilu tahun 2024.

Karena tidak dapat dipungkiri menjelang tahun-tahun politik, situasi sosial masyarakat sangat rentan akan gesekan. Makanya dibutuhkan, peranan dari berbagai pihak termasuk tokoh masyarakat agar dapat menetralisir segala potensi yang dapat menimbulkan gesekan di akar rumput.

"Peran tokoh masyarakat sangat besar pengaruhnya dalam menciptakan kerukunan dan kekompakan," ajakannya.

Ditengah banyaknya kepentingan yang berkelindan pada kontestasi pemilu. Selangat memungkinkan dapat mengorbankan masyarakat dalam perpecahan akibat dari perbedaan kepentingan.

Maka kedewasaan demokrasi, dibutuhkan antar sesama anak bangsa dalam berpolitik. Perbedaan preverensi politik merupakan hal yang lumrah dalam demokrasi, tidak perlu mengorbankan atau menghancurkan rumah besar bangsa Indonesia.

"Kita boleh berbeda pandangan dalam memilih satu sama lain, tapi jangan sampai menimbulkan sesuatu yang berdampak pada stabilitas keamanan," jelasnya.

Abdul Hamid juga mengajak, kepada kontestan politik dalam pemilu tahun 2024 mendatang. Untuk memberikan pendidikan politik secara masif kepada masyarakat dan memperaktekkan nilai-nilai luhur ketika berkontestasi.

"Mari kita ciptakan Kabupaten Sumenep yang aman, damai dan nyaman menjelang Pemilu 2024," pintanya.

Menjaga stabilitas politik merupakan bagian tidak terpisah dari kesuksesan demokrasi. Jangan sampai perjalanan demokrasi, yang sudah semakin dewasa ini dirusak oleh okum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mengorbankan masyarakat demi kepentingan pribadinya.

"Dinamika politik itu pasti ada pihak lain yang ingin memanaskan situasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil kesempatan," ujarnya mengingatkan.

Kabupaten Sumenep menurutnya, punya modal empiris dimana kosmologi masyarakatnya sangat rukun dan guyub. Hal ini merupakan keuntungan yang harus di jaga pada tahun-tahun politik seperti sekarang.

"Pemilu tinggal beberapa bulan lagi. Mari kita jaga stabilitas keamanan tetap kondusif di wilayah Kabupaten Sumenep ini," tandasnya. (TH)

comments