-->

Hot News

Muscab Apdesi Muna, Tetapkan La Ode Farlin Sebagai Ketua Terpilih

By On Sabtu, Oktober 28, 2023

Sabtu, Oktober 28, 2023



La Ode Farlin (berdiri), Ketua Apdesi Muna saat membawakan sambutannya

MUNA, MASALEMBO.COM - Musyawarah Cabang (Muscab) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Muna periode 2023-2028 menetapkan La Ode Farlin sebagai ketua terpilih.

Muscab yang dilangsungkan di pelataran Rumah Adat Kabupaten Muna ini diikuti oleh seluruh desa atau desa yang mewakili 21 kecamatan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Muna.

Sebelum dilakukan Muscab, Ketua DPD Apdesi Sultra yang diwakili oleh Jupran mengatakan Muscab pertama Apdesi Muna dapat diselenggarakan mengingat peserta yang hadir (para kepala desa) dalam Muscab tersebut telah kuorum.

Muscab yang berlangsung secara terbuka itu melahirkan empat nama yang ditunjuk oleh para kepala desa masing-masing kecamatan untuk diusulkan untuk menjadi calon ketua Apdesi Muna periode 2023-2028.

Adapun ke empat nama tersebut adalah La Ode Farlin selaku Kepala Desa Liangkobori, La Ode Hamrudin Momo sebagai Kepala Desa Bente, La Firman yang merupakan Kepala Desa Mataindaha dan Marwan sebagai Kepala Desa Bhone Kainsetala.

Dari hasil perundingan ke empat calon tersebut, ditemukan kata sepakat dengan menunjuk La Ode Farlin untuk menahkodai Apdesi Kabupaten Muna selama lima tahun kedepan.

Usai penetapan tersebut, Jupran yang mewakili Ketua DPD Apdesi Sultra mengucapkan selamat kepada La Ode Farlin selaku ketua Apdesi Muna terpilih. Ia meminta kepada ketua terpilih untuk segera mencari sekretariat sebagai wadah untuk berkumpulnya para pengurus maupun anggota dalam menyusun program kerja.

"Ke empat nama tadi silahkan masukkan temannya sebagai tim formatur untuk menyusun kepengurusan. Saya kasi dead line waktu satu minggu untuk saya buatkan SK nya. Yang saya minta dari 21 kecamatan supaya ada keterwakilan. Itu yang paling penting," jelas Jupran, Sabtu (28/10/2023).

Sementara itu, Ketua Apdesi Muna terpilih, La Ode Farlin dalam sambutan pertamanya mengaku siap untuk mengemban amanah yang telah dipercayakan kepada dirinya. Ia pun berjanji untuk mewakafkan tenaga, waktu dan pikirannya untuk kejayaan Apdesi Muna.

"Amanah ini Insya Allah saya terima berdasarkan kesepakatan bersama. Demi kejayaan Apdesi Muna tolong jangan biarkan saya sendiri. Melalui Apdesi ini saya tidak menginginkan ada kepala desa yang diintervensi oleh pihak manapun. Garu satu, goyang semua," ucap Kepala Desa Liangkobori ini yang diikuti oleh tepuk tangan para kepala desa yang hadir.

La Ode Farlin juga menegaskan pihkanya akan selalu mendukung program-program pemerintah, baik pemerintah kabupaten, provinsi maupun pemerintah pusat.

Penulis: Rajap

comments