-->

Hot News

Sulbar Tuan Rumah Celebes Heritage Festival, Diikuti 6 Provinsi

By On Sabtu, November 25, 2023

Sabtu, November 25, 2023

Ketua Harian Celebes Heritage Festival (CHF) 2023, Muhammad Irfan dengan replika patung megalitik sebagai obyek utama pada event ini. [Ist/masalembo.com]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Celebes Heritage Festival (CHF) 2023 adalah event spektakuler bertajuk "Satu Sulawesi Satu Indonesia" yang memperkenalkan kekayaan warisan budaya Sulawesi, khususnya jejak peninggalan megalitikum dan neolitikum.

Festival ini akan digelar di Kabupaten Majene pada tanggal 10 hingga 16 Desember 2023.

Festival ini tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga sebuah panggung untuk memahami dan merayakan warisan budaya yang kaya di Pulau Sulawesi. Dengan tema "Jejak-Jejak Megalitikum dan Neolitikum," CHF memberikan fokus khusus pada artefak dan situs sejarah yang mencerminkan peradaban masa lalu.

Acara ini melibatkan 6 provinsi yang ada di Sulawesi dengan perwkilan dari pejabat daerah dan tokoh-tokoh budaya Sulawesi. Festival tentu akan dibuka untuk umum, memperkenalkan berbagai zona pameran dan kegiatan menarik, ringkas Muhammad Irfan, Penggiat Budaya di Majene, sekaligus sebagai ketua harian kegiatan ini.

Irfan mengatakan, item emas kegiatan ini adalah pameran yang menampilkan replika batu megalitikum yang tersebar di seluruh Sulawesi, khususnya yang ada di Sulawesi Tengah. Para pengunjung dapat menyaksikan keindahan dan ketelitian pahatan pada batu raksasa tersebut. Para ahli arkeologi akan memberikan penjelasan mendalam tentang fungsi dan makna dari masing-masing situs megalitikum melalui item kegiatan seminar nasional dan rembuk kebudayaan. 

Dalam zona neolitikum, pengunjung dapat mempelajari perkembangan peradaban manusia prasejarah Sulawesi. Simulasi pun akan dilakukan dengan cara edukasi masyarakat ketika menemukan benda peninggalan dalam bentuk discovery dan invention. 

"CHF juga menawarkan pertunjukan seni pada opening dengan kemasan tarian medley 6 provinsi. Sebuah panggung utama menjadi saksi dari kekayaan seni budaya Sulawesi," ujar Irfan.

Selain itu, pengunjung dapat mencicipi kuliner khas Sulawesi yang disajikan oleh UMKM yang ada di Sulawesi. Selain itu pengunjung juga dapat mendapatkan souvenir dari CHF dari stand UMKM tersebut. 

Kabid Kebudayaan Disdikbud Provinsi Sulbar, Andi Harun Rasyid Parenrengi mengatakan, Celebes Heritage Festival memberikan pengalaman yang mendalam untuk menggali dan menghargai kekayaan sejarah Sulawesi. Dengan mengangkat tema "Satu Sulawesi Satu Indonesia." 

"Festival ini menjadi momentum untuk mempererat rasa persatuan dalam keberagaman warisan budaya bangsa," ringkas Andi Harun. (Ril/Har)

comments