-->

Hot News

Doktor Pertama untuk Guru SMK di Provinsi Sulawesi Barat Berasal dari Kabupaten Luwu

By On Sabtu, Desember 30, 2023

Sabtu, Desember 30, 2023

Pengukuhan Dr. Muhammad Reski Sujono, S.Pd., Gr. M.Pd di Universitas Negeri Makassar. [Ist]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Baru-baru ini SMK Negeri 9 Majene menerima sebuah anugerah yang istimewa. Guru SMK Negeri 9 Majene, Muhammad Reski Sujono resmi menyandang gelar Doktor Bidang Pendidikan Vokasi dan Keteknikan dari Universitas Negeri Makassar (UNM). Ia dikukuhkan jadi doktor pada Jumat (29/12) di kampus UNM sehingga kini beliau menjadi Dr. Muhammad Reski Sujono, S.Pd., Gr. M.Pd., M.P. Tentu, pencapaian yang telah diraih tersebut menjadi kebanggaan sekaligus kebahagiaan bagi seluruh warga sekolah.

Judul disertasi: Model Pengembangan SMK Berbasis Unggulan Daerah dan Kebutuhan Tenaga Kerja DUDIKA di Sulawesi Barat.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas anugerah yang luar biasa ini. Tentu kami bangga memiliki seorang guru yang kini resmi bergelar Doktor. Apalagi jika melihat usaha dan perjuangan beliau dalam menyelesaikan studi S3 nya tidaklah mudah. Kami ucapkan selamat dan sukses untuk pak Muhammad Reski Sujono, semoga ilmu yang telah didapatkan bisa bermanfaat khususnya bagi dunia pendidikan, menjadi berkah serta semoga kami bisa meneladani beliau yang terus bersemangat dalam menuntut ilmu,” ujar Bapak Haris Djalani, S.Pd., M.Si., selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 9 Majene, yang mewakili civitas akademika SMK Negeri 9 Majene.

Dalam testimon Dr. H. Mithhar, M.Pd menyampaikan rasa terima kasih kepada UNM karena bisa melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas bagi Sulawesi Barat. Kita berharap ke depan semakin banyak guru yang termotivasi untuk melanjutkan studi di UNM.

Perjuangan meraih gelar Doktor tidak semudah membalik telapak tangan. Banyak tantangan yang beliau hadapi selama tiga tahun masa studi S3 di Prodi Pendidikan Vokasi dan Keteknikan Sekolah Pascasarjana UNM. Dengan predikat cumlaude, lama studi tiga tahun dengan IPK  3,98 yang membanggakan lagi Muhammad Reski Sujono mendapat beasiswa Kemendikbudristek RI dalam menempuh pendidikan doktornya. Sebuah capaian luar biasa dan tidaklah mudah.

Patut disyukuri apalagi seorang dengan profesi guru SMK, bisa mencapai gelar derajat Doktor terbilang pertama dan satu-satunya di Provinsi Sulawesi Barat, dengan profesi sebagai guru SMK.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh, Muhammad Reski Sujono tercatat menjadi mahasiswa S3 UNM pada tahun 2020. Selain menyelesaikan perkuliahan, iapun harus menyusun disertasi sebagai syarat kelulusan. Berbagai upaya dan pengorbanan dikerahkan demi selesainya disertasi. Memang betul, hasil tak pernah mengkhianati proses. Selain berhasil menyelesaikan penelitiannya, Reski juga berhasil menerbitkan karyanya di sebuah jurnal ilmiah Internasional terindeks Scopus. Luar biasa, tentu ini adalah sebuah prestasi yang tidak semua orang bisa melakukannya. Selain aktif diberbagai organisasi profesi guru, seperti MGMP Agribisnis Tanaman SMK Kabupaten Majene, beliau juga sebagai Ketua Bidang Penelitian Ikatan Guru Indonesia Provinsi Sulawesi Barat.

Sebelum mengikuti sidang terbuka promosi Doktor, Reski terlebih dahulu menempuh 6 kali kegiatan paparan disertasi yakni Gagasan Awal, Ujian Proposal, Seminar Validasi Instrumen, Ujian Hasil, Ujian Tutup dan Uji Kelayakan yang diselenggarakan bersama para penguji dan juga promotor. Mereka para penguji adalah: Dr. Risma Niswaty, S.S., M.Si selaku Ketua Sidang, Prof. Dr. H. Hamsu Abdul Gani, M.Pd Direktur Pascasarjana UNM, selaku penguji (Promotor). Prof. Dr. Ir. H. Ichsan Ali, MT Wakil Rektor IV, selaku penguji (Copromotor). Prof. Dr. Hj. Purnamawati, M.Pd sebagai Penguji internal, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin P., M.P. sebagai Penguji internal. Prof. Dr. Yusuf Mappiasse, M.Pd., sebagai penguji internal.  Prof. Dr. Ir. H. Ansar Suyuti, MT., IPU., ASEAN.,Eng. sebagai penguji eksternal. (*)

comments