-->

Hot News

KPU Polman Buka Rekrutmen Calon Anggota KPPS untuk Pemilu 2024

By On Senin, Desember 11, 2023

Senin, Desember 11, 2023

Tangkap layar potongan surat pengumuman KPU Polman tentang seleksi KPPS untuk Pemilu 2024. [Ist/masalembo.com]


POLEWALI, MASALEMBO.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polewali Mandar telah resmi membuka rekrutmen calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilihan Umum Tahun 2024.

Informasi rekrutmen KPPS KPU Polman untuk Pemilu 2024 disampaikan melalui surat pengumuman nomor: 652/PP.04-1-PU/7604/2023 tertanggal 11 Desember 2023.

Menurut Komisioner KPU Polman, Munawir Arifin, pengalaman menjadi penyelenggara menjadi pertimbangan utama dalam seleksi ini. Munawir menekankan bahwa kemampuan menggunakan teknologi, terutama operasional teknologi seperti penggunaan smartphone, juga menjadi hal yang diutamakan.

"Kedepannya, sistem pemungutan dan penghitungan suara mungkin akan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap)," ujar Munawir Arifin.

KPPS, yang merupakan kelompok penyelenggara pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), akan terdiri dari tujuh anggota, termasuk bagian pengamanan, di setiap lokasi TPS.

Rudianto, Ketua KPU Polman, menjelaskan bahwa KPPS merupakan ujung tombak dalam penyelenggaraan pemungutan suara untuk pemilu mendatang.

Masa kerja anggota KPPS hanya satu bulan dengan honorarium yang bervariasi: Rp 1.200.000 untuk ketua, Rp 1.100.000 untuk anggota, dan Rp 700.000 untuk bagian pengamanan.

Syarat usia calon anggota KPPS adalah minimal 17 tahun dan maksimal 55 tahun. Calon harus menyerahkan berkas persyaratan di PPS setempat. Syarat terbaru ini untuk pemilu 2024 menekankan usia antara 17 hingga 55 tahun.

Dokumen persyaratan KPPS dalam bentuk fisik akan dikonversi menjadi format digital untuk diunggah ke SIAKBA, melalui PPS, setelah dipindai atau difoto.

Untuk pendaftaran KPPS memerlukan persiapan berkas yang harus diserahkan secara fisik dan digital, menjadi bagian penting dalam proses seleksi calon anggota KPPS untuk Pemilu 2024. 

Informasi lebih lengkap terkait rekrutmen anggota KPPS oleh KPU Polewali Mandar, silahkan klik link di bawah ini:


(Adv)

comments