-->

Hot News

BASARNAS Mamuju Lanjutkan Pencarian Korban Warga Desa Belangbelang yang Hilang di Sungai Palapi

By On Jumat, April 12, 2024

Jumat, April 12, 2024

Tim SAR Mamuju melakukan pencarian korban hilang di sungai Palapi, Desa Belangbelang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. [Foto Devis/BASARNAS Mamuju]


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Mamuju kembali melanjutkan pencarian korban hilang yang sebelumnya masuk ke hutan mencari pakan ternak. Korban tersebut diduga hanyut di sungai Palapi, Desa Belangbelang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Saat ini, Tim Rescue Kantor SAR Mamuju telah memasuki hari kedua pencarian korban bernama Umar (40 tahun) itu. Komandan Tim SAR Agung Hutomo bersama 7 orang personel memulai pencarian pada pukul 07.00 WITA pagi tadi.

"Sebelum pencarian briefing dilakukan bersama keluarga korban dan sejumlah warga desa setempat, kami membagi menjadi 2 tim SRU (Search and Rescue Unit)," kata Agung Hutoma dalam keterangan tertulis, Jumat (12/4/2024).

Agung menjelaskan, SRU I melaksanakan penyisiran menggunakan 1 unit rubber boat. Mereka menyisir area muara sungai hingga ke titik kecelakaan korban yang berjarak 3,07 kilometer (km).

Sementara SRU II melaksanakan penyisiran di sekitar area bantaran sungai bersama warga sekitar. Penyisiran dimulai dari titik yang diduga tempat kecelakaan korban sampai percabangan sungai Palapi sekitar 1,2 km mengikuti arus sungai sebelum menuju keluar muara.

"Dugaan sementara korban berada di sekitar area pencabangan sungai tersebut. Tim memfokuskan pencarian di titik itu sebab dikhawatirkan korban berada tak jauh dari lokasi karena model arus sungai yang memutar," terang Agung.

Dikatakan, penambahan personel dilakukan di rest kedua pencarian pada siang Pukul 13.00 WITA dengan menerjunkan 1 operator drone BASARNAS Mamuju untuk memonitoring titik lokasi via udara. Drone berjenis thermal drone UAV tersebut mampu mendeteksi suhu pada manusia.

Sayangnya hingga pencarian hari kedua ini, korban tak kunjung ditemukan. 

Komandan Tim Rescue BASARNAS Mamuju Agung Hutomo menutup sementara operasi SAR dan menarik pesonelnya untuk menghentikan sementara pencarian korban pada pukul 17.00 WITA dan akan dilanjutkan esok hari. (Ril/sug)

comments