-->

Hot News

Kerjasama Dinas ESDM Sulbar, Inspektur Tambang Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Pengawas Operasional Pertama

By On Selasa, Mei 28, 2024

Selasa, Mei 28, 2024

Para peserta yang mengikuti pelatihan dan sertifikasi pengawas operasional pertama. [Foto: Awal S]


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Sampulu Learning bekerjasama Dinas Energi, Sumberdaya Mineral (ESDM) Sulawesi Barat dan Inspektur tambang menggelar pelatihan dan sertifikasi pengawasan operasional pertama bagi para perusahaan tambang yang dilaksanakan di hotel Aflah Jalan KS Tubun, Kelurahan Rimuku, Kabupaten Mamuju, Selasa (28/5/2024).

Kegiatan ini berlangsung dari Selasa 28 hingga Jumat 31 Mei 2024.

Kepala Bidang Mineral dan Batubara (Minerba) Dinas ESDM Sulbar, Ilham mengatakan, kegiatan ini digagas inspektur tambang bekerjasama Dinas ESDM Sulbar. Tujuannya untuk lebih mengektifkan kegiatan pertambangan di wilayah Sulbar.

"Karena memang wilayah kita ini memiliki sektor usaha tambang sangat banyak," kata Ilham saat membuka kegiatan tersebut.

Menurut Ilham, perusahan yang bergerak di bidang tambang wajib mengikuti kegiatan ini sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikasi POP (pengawasan operasional pertama).

Dimana kata Ilham, kepala teknis tambang (KTT) memiliki peran penting, karena sebagai motor penggerak bagi perusahaan tambang
terkait teknis peraturan yang ada. "Sehingga nantinya diharapkan kegiatan tambang betul-betul yang ramah dan tidak menimbulkan suatu permasalahan di kemudian hari," harapnya.

Sementara, Kordinator Inspektur Tambang Penempatan Sulbar, Hilal, berharap kepada para peserta yang mengikuti pelatihan agar mengikuti dan menyimak materi yang diberikan oleh para pemateri.

"Jadi saya harapkan rekan-rekan peserta yang hadir hari ini kita bisa bersinergi empat hari kedepan. Insya Allah inspektur tambang siap sama-sama berbagi ilmu. Sehingga nantinya memudahkan pada saat proses ujian kompetensi," ungkapnya. (Awal)

comments