Hujan Deras Tak Henti Guyur Mateng, BPBD Siagakan TRC

On Kamis, November 16, 2017

MASALEMBO.COM

TRC BPBD Mateng Bersiaga
MATENG, MASALEMBO.COM - Beberapa hari terakhir, hujan deras masih mengguyur wilayah Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulbar.

Kondisi tersebut mulai dikhawatirkan warga. Khususnya daerah rawan banjir yang selalu menjadi langganan. Curah hujan dengan intensitas tinggi di daerah ini menyebabkan warga tidak dapat beraktivitas. "Kalau begini terus (hujan,red) kita tidak bisa apa-apa, yang ditakutkan kalau datang lagi banjir," ungkap Rasyid warga Dusun Bulurembu Desa Babana, Rabu (15/11).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mateng, sebelumnya mengimbau warga agar selalu waspada.

Kepala BPBD Mateng Rahmat Syam SIP MAP mengatakan, hujan yang turun sejak beberapa hari sangat berpotensi mendatangkan banjir.
"Terutama yang bermukim di sekitar bantaran sungai diminta tetap waspada," pinta ketua Kwarcab Pramuka Mateng itu.

Saat ini tim reaksi cepat (TRC) BPBD sedang siaga satu. Bencana banjir bisa saja datang mendadak dalam kondisi cuaca buruk. Hujan deras yang mengguyur Mateng beberapa hari terakhir patut diwaspadai.

"Sejak kemarin (Selasa,red) seluruh TRC BPBD siaga 1. Mereka juga mendata persiapan logistik," jelasnya.

Anggota TRC Dicky mengatakan, sejak diperintahkan siaga satu, Ia dan rekannya berbagi tugas. Sebagian berjaga di posko bencana alam. Yang lain patroli memantau kondisi diwilayah rawan banjir. "Posko tidak bisa kosong jadi kita bergiliran piket," kata Dicky.
     
Pastinya seluruh tim selalu siaga menunggu laporan warga. Jika terjadi bencana mereka segera bertindak. (jml/riz)

comments