-->

Hot News

IMM Majene Minta Presiden Jokowi Cairkan Bantuan Stimulus Penyintas Gempa Sulbar

By On Sabtu, April 20, 2024

Sabtu, April 20, 2024

Irwan Japaruddin (ist)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Presiden Joko Widodo dijadwalkan berkunjung ke Sulawesi Barat, Senin, 22 April 2024 lusa. Jokowi akan mengunjungi dua kabupaten; Mamuju dan Mamasa.

Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kabupaten Majene meminta, Presiden Jokowi agar segera mencairkan bantuan stimulan tahap kedua korban gempa Sulbar 15 Januari 2021 lalu.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PC IMM Majene, Irwan Japaruddin. Ia menyatakan kekecewaan beratnya kepada pemerintah dimana menjelang tiga tahun pasca gempa bantuan stimulan tahap dua tak kunjung terselesaikan, padahal itu janji Presiden Jokowi saat datang ke Mamuju beberapa hari pasca gempa 6,2 magnitudo.

Kata Irwan, pemberian bantuan stimulus penyintas gempa Sulbar adalah amanat Undang-undang No 24 Tahun 2007 dan PP No 21 Tahun 2008 bahwa penanganan pasca bencana meliputi tahap rehabilitasi dan rekonstruksi. 

Menurut Irwan, berdasarkan PP No. 21 Tahun 2008 pasal 56 huruf c dan pasal 67 dikatakan pemberian bantuan berupa stimulan untuk membantu perbaikan rumah masyarakat yang terdampak dan ini masih dalam fase rehabilitasi.

"Betapa tidak sangat miris menjelang tiga tahun pasca gempa proses rehabilitasi belum selesai bagaimana mau bicara fase berikutnya yaitu rekontruksi," Irwan.

"Oleh sebab itu kami meminta kepada Presiden Jokowi agar segera merintahkan Menteri Keuangan untuk segera mencairkan bantuan stimulan tahap II dan evaluasi penanganan bencana alam Sulbar," harap Irwan Japaruddin.

Irwan mengajak seluruh masyarakat Sulbar untuk turut menyambut Presiden Jokowi dengan menyuarakan melalui jalan yang akan dilalui presiden agar bantuan tersebut segera diselesaikan. Dan pihak aparat keamanan agar tidak refresif terhadap masyarakat yang akan menyuarakan hal tersebut.

"Pihak keamanan agar jika ada masyarakat melakukan aksi agar difasilitasi jangan bertindak refresif," harap Irwan. (Har/red)

comments