-->

Hot News

Fraksi Partai Nasdem DPRD Sulbar Komitmen Perjuangkan Prof Zudan Sebagai Pj Gubernur

By On Rabu, April 24, 2024

Rabu, April 24, 2024

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sulbar Muhammad Jayadi (kiri) saat di Kemendagri. [Foto: Rusdianto Samawa]


JAKARTA, MASALEMBO.COM - Fraksi Nasdem DPRD Sulbar usul 2 nama Calon Pj Gubernur berikutnya. Nama Prof Zudan masih diperjuangkan untuk mendapat perhatian dari Presiden RI dan Kemendagri.

Berdasarkan rapat fraksi Nasdem, yang digelar pada Rabu (17/4/2024), Nasdem mengusulkan dua nama calon Pj Gubernur Sulbar.

Saat dihubungi, Muhammad Jayadi Ketua Fraksi Nasdem mengatakan masih komitmen perjuangkan Prof Zudan Arif Fakrulloh untuk mendapat perhatian dari pemerintah pusat. "Walaupun ada di urutan keempat dalam perolehan suara dalam voting rapat pimpinan diperluas DPRD Sulbar," ungkapnya dalam keterangan pers di Jakarta (24/4/2024)

Diketahui, masa jabatan Prof Zudan sebagai Pj Gubernur Sulbar berakhir pada 12 Mei 2024 mendatang.

Namun, namanya masih masuk dalam daftar usulan calon Pj Gubernur Sulbar oleh Fraksi Nasdem.

Nama lain yang diusulkan Fraksi Nasdem adalah Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi.

Ketua Fraksi Nasdem, Muhammad Jayadi mengatakan, pimpinan DPRD Sulbar meminta fraksi Nasdem mengusulkan tiga nama, namun partainya hanya mengusulkan dua nama.

"Fraksi Nasdem berpendapat ada dissenting opinion, artinya ada dinamika dalam proses pengambilan keputusan yang menyepakati 3 (tiga) nama mayoritas yakni Jodi Mahardi, B.S.c.MILA, Drs. Jufri Rahman, M.Si, dan Dr. H. Yusharto Huntoyungo, M.Pd,. Ketiga nama tersebut dalam daftar rekomendasi Ketua DPRD Provinsi Sulbar. Dimana Prof Zudan tidak masuk dalam rekomendasi ketua DPRD Sulbar.

Namun demikian, Fraksi Partai Nasdem sepakat dengan keputusan mayoritas rapat pimpinan diperluas. Tetapi, Fraksi Partai Nasdem tetap meminta kepada Presiden dan Mendagri agar menjadi pertimbangan sesuai rekomendasi Fraksi. Walaupun berada pada posisi nomor 4 (Empat) perolehan suara.

"Itulah dasarnya, Prof Zudan tetap masuk rekomendasi Fraksi Nasdem. Namun pimpinan DPRD mengirim nama-nama ke Mendagri hanya 3 (tiga) nama, sementara Prof Zudan tidak masuk. Namun, tetap diperjuangkan," ungkap Jayadi.

Lanjutnya, dimana Prof Zudan direkom oleh 3 Fraksi DPRD Sulbar yakni Nasdem, PDIP, dan PIM (Persatuan Indonesia Membangun). "Atas dasar itu, kami datang ke Jakarta dan kehadiran Fraksi Fraksi Partai Nasdem dikantor Kemendagri untuk menjelaskan usulan tersebut," ungkapnya.

Dikatakan, kesimpulan atas pertemuan tersebut, Partai Nasdem tetap pada keputusan awal menggusung Prof Zudan dan meminta perhatian Presiden sehingga bisa diperpanjang masa jabatan Pj Gubernur Sulbar. 

Jayadi menambahkan, Fraksi Nasdem punya alasan tersendiri mengapa masih mengusulkan Prof Zudan sebagai Pj Gubernur Sulbar.

"Fraksi Partai NasDem melihat Prof Zudan memiliki semangat dan kepemimpinan memajukan Sulbar dan itu sudah dibuktikan dengan kinerja selama ini mampu menurunkan angka stunting di provinsi. Demikian juga dengan mampu menekan angka inflasi sehingga pertumbuhan ekonomi Sulbar sedikit melaju, termasuk beliau memiliki integritas yang baik," terangnya.(ril/sug)

comments