Kemenag Mamuju Ajak Warga Salat Gerhana Bulan di Masjid Syuhada

On Rabu, Januari 31, 2018

MASALEMBO.COM

Ilustrasi salat gerhana bulan (Foto: Nu Online)
MAMUJU, MASALEMBO.COM- Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mamuju mengajak umat muslim untuk mengikuti salat gerhana bulan di Masjid Raya Suhada Mamuju, Rabu (31/1) malam nanti. 

Pegawai Kemenag Mamuju Samsul Alam mengatakan, Salat akan dimulai pada pukul 20.00 Wita, dan sebelumnya akan dilaksanakan salat Isya kemudian dilanjut dengan dzikir. "Setelah itu kita akan lanjutkan dengan salat gerhana bulan dan kutbah," kata Samsul di Masjid Agung Syuhada Mamuju, Rabu pagi.

Kata Samsul, adapun yang akan bertindak selaku Imam Salat Gerhana, adalah Kepala Kemenag Mamuju H Syamsuri. Sedangkan Khatib yakni Ustadz Anwar Kamil.

"Nanti akan dihadiri juga oleh Bapak Bupati Mamuju H Habsi Wahid. Beliau akan memberikan sambutan," ujarnya.
Samsul Alam (Foto: Awal/masalembo.com)
Samsul Alam berharap, warga muslim di Mamuju maupun di luar kota Mamuju untuk hadir mengikuti salat gerhana bulan yang jarang terjadi. Bahkan gerhana yang dipicu oleh fenomena super blue blood moom ini sebut hanya terjadi sekali dalam 100 tahun.

Oleh lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA, fenomena super blue blood moom yakni peristiwa yang menunjukkan tiga fenomena sekaligus, yaitu supermoon, blue moon, dan gerhana bulan yang terjadi dalam semalam. 

Sementara, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati  mengatakan, fenomena langka yang dapat diamati di Indonesia tersebut muncul karena Matahari, Bumi, dan Bulan berada dalam satu garis. Saat itu, bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi.

"Kejadian ini sangat langka. Fenomena ini hanya terulang lebih dari 100 tahun lagi," kata Dwikorita di kompleks gedung BMKG, Jakarta, Senin (29/1) dikutip dari Kompas.com

Untuk wilayah Sulawesi khususnya di Provinsi Sulbar gerhana bulan akan mulai terjadi pada pukul 18.49 Wita dan masuk gerhana total pada puncak gerhana yang akan terjadi pada pukul 20.29 Wita. Gerhana total akan berakhir pada pukul 00.09 Wita. (awl/har)

comments