Mamuju Banjir Lagi, Warga : ini yang Terparah

On Kamis, Maret 22, 2018

MASALEMBO.COM

Banjir di SPBU Simbuang (Foto : Awal / masalembo.com) 
MAMUJU, MASALEMBO.COM —
Hujan deras yang mengguyur Wilayah Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) semalam, membuat Kota Mamuju terendam banjir, Kamis (22/3).

Pantauan wartawan masalembo.com, banjir paling parah terjadi di Wilayah Tambayako, Simbuang, BTN Graha Nusa, BTN Passokorang, BTN Ampi, Kompleks Trans, Rimuku dan BTN Binanga.

Akibatnya banjir tersebut, arus lalu lintas dalam Kota Mamuju lumpuh total. Sebagian masyarakat menggunakan jalan arteri sebagai alternatif untuk dilalui.

Seorang warga Mamuju Iksan Amar menilai, banjir kali ini adalah yang terparah sejak beberapa tahun terakhir, dimana ketinggian air mencapai satu meter di beberapa titik dalam Kota Mamuju.

Menurutnya, drainase dalam Kota Mamuju tak dapat menampung debit air yang begitu banyak.

"Selain kecil (drainase, red) juga tertutup timbunan material bangunan sehingga air meluap naik ke jalan dan menggenangi pemukiman warga dan perkantoran," ujarnya.
Kondisi dalam Kota Mamuju
Atas peristiwa ini, ia berharap Pemerintah Kabupaten bersama Pemerintah Provinsi mempertimbangkan solusi atas permasalahan ini kedepan. 

"Kami berharap pemerintah bisa mencari solusi sehingga musibah ini tak terulang kembali," harapnya.

Sementara menurut warga lainnya, Busriadi, perlu adanya musyawarah antara masyarakat dengan pemerintah terkait penataan perumahan dalam Kota Mamuju.

"Karena kadang di sekitar kita ada saja masyarakat yang mendirikan bangunan perumahan tanpa membuat kanal yang besar untuk saluran air akhirnya saluran air ke muara buntu," ungkapnya.

Hingga siang ini, hujan masih mengguyur Wilayah Mamuju. (awl/tfk) 

comments