Menteri Yohana Launching Sekolah Ramah Anak di Mamuju

On Kamis, April 12, 2018

MASALEMBO.COM

Menteri Yohana berfoto selfi dengan pelajar Mamuju di sela-sela launching sekolah ramah anak (Foto: Awal/masalembo.com)
MAMUJU, MASALEMBO.COM -
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Prof. DR.Yohana Susana Yembise melaunching sekolah ramah anak di MTsN Binanga, Kabupaten Mamuju, Kamis (12/4).

Menurutnya, sekolah merupakan tempat bagi anak-anak untuk memperoleh pendidikan. Karena itu kata Yohana, perlu adanya jaminan  perlindungan termaksuk dari kekerasan di dalam sekolah.

Selain itu, kata dia, masih banyaknya kasus pernikahan anak di usia sekolah sehingga menjadi perhatian serius bagi pemerintah untuk mengubah budaya yang ada di masyarakat tersebut.

"Dimana anak-anak Indonesia perlu mendapatkan perhatian serius bagi pemerintah untuk mendapatkan pendidikan," ujarnya.

Dikatakan, Provinsi Sulbar merupakan provinsi termuda Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 1,3 juta. Namun kata dia,Sulbar berada diurutan tertinggi
pernikahan anak di bawah umur Se- Indonesia.

"Saya berharap dengan adanya launcing program sekolah anak ini bisa menekan jumlah pernikahan anak di bawah umur," harapnya.

Sementara, Wakil Bupati Mamuju Irwan SP Pababari mengaku mengapresiasi kegiatan launching sekolah ramah anak. Di Menyebut, sekolah ini sejalan dengan visi misi Pemkab Mamuju yakni mengembalikan anak putus sekolah untuk bersekolah.

Wabup juga berharap, pendidikan di sekolah bukan hanya mengajarkan pendidikan formal, namun juga mengedepankan pendidikan moral dan etika.

"Kita berharap nantinya bukan hanya memilki ilmu pengetahuan tetapi juga memiliki moral dan etika sesuia tuntunan agama," harapnya.

Kepala MTsN Binanga, Ponia M Ramlan berharap, dengan kedatangan menteri dapat lebih meningkatkan pendidikan utamanya bagaimana menanamkan kreativitas dan prestasi bagi siswa.

Untuk diketahui sekolah yang ada di Kabupaten Mamuju terpilih dalam launching ramah anak yakni MTsN Binanga, SMPN 2 Mamuju, SDN Inpres Rimuku dan MI Al Chaeriyah Simboro.

Turut hadir dalam kegiatan ini Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar,Ketua DPRD Mamuju Hj.St Suraidah Suhardi, Dewan Pendidikan Mamuju Hajrul Malik, Kakanwil Kemenag Sulbar dan OPD. (awl/har)

comments