Tiga Siswa SMAN 2 Mamuju Tak Ikuti UNBK

On Senin, April 09, 2018

MASALEMBO.COM

Pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 2 Mamuju (foto: awal/masalembo.com)
MAMUJU, MASALEMBO.COM - Ujian Nasional Berstandar Komputer (UNBK) tingkat SMA hari ini, Senin (9/4) serentak digelar.Salah satunya di SMAN 2 Mamuju.

Sebanyak 230 siswa SMAN 2 Mamuju yang terdaftar, namun yang hadir mengikuti ujian tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 227 siswa. Tiga siswa yang tak mengikuti ujian yakni satu orang laki-laki dan dua orang perempuan.

"Ketiganya sudah kita hubungi, namun alasan pihak keluarganya siswa perempuan akan menikah sedangkan yang laki-laki pergi mencari pekerjaan," ujarnya.

Pelaksanaan UNBK berlangsung selama empat hari dari tanggal 9 hingga 12 April dengan menggunakan dua ruangan kelas yang mendapat pengawasan dari  guru sekolah SMKN 1 Mamuju  dan juga dari pihak kepolisian.

Sementara empat mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan mata pelajaran pilihan.

"Kalau ujian mata pelajaran pilihan jika siswa mengambil jurusan IPA yang diujikan Biologi sedangkan jurusan IPS yang diujikan mata pelajaran Sosiologi," terangnya.

Pantia penyelenggara Tahir mengatakan, di ujian kali ini, terdapat 70 unit komputer yang digunakan. Dimana sepuluh komputer milik sekolah dan selebihnya merupakan pinjaman di luar dan milik siswa.

Ditanya terkait kendala, Tahir mengungkapkan bahwa untuk mengantisipasi kemungkinan hal yang tak diinginkan selama proses ujian berlangsung, pihaknya telah melakukan langkah-langkah dengan cara membagi tiga sesi ujian.

"Pelaksanaan ujian dimulai dari pukul 07.30 Wita dan sampai pukul 16.00 Wita dengan waktu 120  menit tiap mata ujian," katanya.

Selain itu, ia juga menyiapkan mesin genset untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu listrik padam.

"Alhamdulillah kita sudah mengantisipasi semua termaksuk juga masalah jaringan dengan memanggil pihak teknisi telkom selama ujian berlangsung," ungkapnya.

Dirinya berharap pelaksanaan UNBK tahun ini jauh lebih bagus dari ujian tertulis. Selain itu ia juga berharap siswa yang mengikuti ujian bisa seratus persen lulus. (awl/har)

comments