Kampung Pedas, Demi Kesejahteraan Masyarakat Desa

On Kamis, Mei 31, 2018

MASALEMBO.COM

Ka. Distanak Kabupaten Pasangkayu (Foto: Edison/masalembo.com)


PASANGKAYU, MASALEMBO.COM -Kampung Pedas, itulah program yang saat ini gencar dicanangkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulbar. 

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Pasangkayu Hj Nazlah menjelaskan bahwa tujuan Kampung Pedas adalah pengembangan tanaman cabe dan sayuran.

Saat ini, sebagai pilot proyek baru dua desa yang dijadikan percontohan yaitu Desa Lilimori Kecamatan Bulu Taba' dan Desa Letawa Kecamatan Sarjo.

"Kami sementara pendistribusian bibit dan penanaman dalam hal ini tahap persiapan dan direncanakan akan dimulai usai Idul Fitri," ungkap H Nazlah, Kamis (31/5).

Selain itu, Nazlah juga menjelaskan bahwa sebagai pilot project, di dua desa ini direncanakan akan diterapkan ditiap dusun dan mengharuskan tiap desa memiliki lahan minimal 1/2 hektar dan selebihnya akan memanfaatkan halaman rumah.

"Saya berharap melalui program ini dapat memasyarakatkan masyarakat untuk mengenal lebih jauh bahan sayuran dengan mengajar bercocok tanam di halaman rumah Masyarakat," ujarnya.

Hj Nazlah juga berharap agar dengan hadirnya kampung pedas ini dapat Meminimalkan menggunakan bahan kimia sehingga dapat terwujud konsumsi sayuran yang sehat.

Selain itu, Hj Nazlah juga berharapa hal ini dapat meminimalisir pengeluaran kebutuhan keseharian ibu-ibu rumah tangga dan juga menambah penghasilan masyarakat sekitar demi menuju kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

"Dengan meminimalkan penggunaan bahan kimia,tingkat keamanan konsumsi lebih terjamin. Dimana dalam program ini kami menggunakan bahan kimia hanya saat adanya serangan Hama/penyakit," jelasnya

Kedepannya juga, dirinya berharap bila berhasil kedepannya  agar Pemerintahan Desa dapat melibatkan diri dalam program kampung Pedas ini dengam menyisipkan Anggaran di Dana Alokasi Desa (DAD) dalam program keberlanjutannya dan Dinas hanya sekedar mendampingi. (eds/har)

comments