Bahu Jalan Desa Sugihwaras Jadi Tempat Pembuangan Sampah

On Senin, Juni 04, 2018

MASALEMBO.COM

Kondisi Bahu Jalan Desa Sugihwaras, Senin (4/6) (Foto : M Subri / masalembo.com)
POLMAN, MASALEMBO.COM — Seperti inilah kondisi pinggir jalan poros Kapten Jumhana Desa Sugihwaras, Kecamatan Wonomulyo. Tepi jalan yang menghubungkan Kecamatan Wonomulyo dengan Tapango ini tampak semrawut karena menjadi tempat pembuangan sampah.

Pantauan masalembo.com, kondisi demikian sudah berlansung cukup lama. Sejumlah warga setempat pun mengeluhkan kondisi itu.

Salah seorang warga, Aco, mengatakan bahwa sampah di lokasi itu sudah cukup meresahkan karena telah berhamburan ke bahu jalan poros. Kata dia, armada pengangkut sampah kecamatan yang semestinya beroperasi membersihkan wilayah Wonomulyo tidak memerhatikannya karena bukan tempat pembuangan sampah.

"Sudah berlangsung lama dan tidak pernah diangkut oleh petugas kebersihan setempat. Seharusnya pemerintah kecamatan maupun pemerintah Desa Sugihwaras bisa menangani sampah tersebut," ungkapnya.

Padahal, lanjut Aco, Desa Sugihwaras sebelumnya telah mendapatkan bantuan ratusan juta rupiah untuk pengelolaan sampah. 

"Satu-satunya di Kecamatan Wonomulyo yang dapat bantuan itu adalah Desa Sugihwaras. Anggarannya sekitar lima ratus juta rupiah, tapi tetap saja seperti ini," tuturnya.

Olehnya itu, ia berharap kepada pemerintah setempat memerhatikan lokasi itu. Baik dengan cara memasang papan informasi yang bertuliskan "dilarang buang sampah" atau sekalian menempatkan tong sampah di tempat tersebut.

Menanggapi hal itu, Camat Wonomulyo, Umbar, mengatakan bahwa semestinya sampah di lokasi tersebut ditangani pihak Desa Sugihwaras. Sebab, apa yang disampaikan masyarakat terkait adanya sarana pengelolaan sampah di Desa Sugihwaras benar adanya.

"Ya betul Desa Sugihwaras telah mendapatkan bantuan itu, tapi kita juga belum tahu betul apakah bantuan sarana pengelolaan sampah itu sering difungsikan atau tidak, karena saat peresmian saya memang tidak sepaham untuk menerima bantuan itu, sebab daerah kita di perkotaan," beber Umbar, Senin (4/6).

Ditempat yang berbeda, Kepala Desa Sugihwaras yang hendak dimintai keterangan terkait sampah di wilayahnya belum memberikan komentar karena sedang ada kesibukan. (sbr/tfk) 


comments